Pengembangan LKS berbasis POE terhadap pemahaman konsep siswa SMA kelas X pokok bahasan gerak lurus

Eti Sukadi, Muhamad Khaerul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Predict Observe Explain (POE) Pada materi gerak lurus terhadap pemahaman konsep siswa. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang di modifikasi menjadi tujuh tahapan penelitian yaitu: 1) Potensi Dan Masalah 2) Pengumpulan data dan informasi 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk. Berdasarkan hasil analisis data dapat di ketahui bahwa media LKS Berbasis POE Layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran fisika pada materi gerak lurus di kelas X. Kelayakan LKS diperoleh dari hasil validasi berdasarkan ahli media dengan rata-rata skor 3,2 dengan kriteria layak dan berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dengan rata-rata skor 3,12 dengan kriteria layak. Adapun dari penilaian secara kualitatif yang berupa komentar dan saran, secara garis besar baik dari validator, dan siswa menanggapi bahwa LKS Berbasis POE pada materi gerak lurus untuk siswa kelas X SMA terbilang baik

Keywords


Pengembangan; POE; Gerak Lurus; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Falah, S., Hartono, H., & Yulianti, I. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa listrik dinamis berbasis POE (Predict-Observe-Explain) untuk meningkatkan penalaran dan pemahaman konsep siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(2), 96-102.

Fannie. R. D. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (Predict Observ Explanation) pada materi program linear kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8 (1), 96-109

Lebdiana, R., & Hindarto, N. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran materi suhu dan kalor berbasis poe (predict-observe-explain) untuk meremediasi miskonsepsi siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(2).

Lesmono, A. D., Anggraini, S. A. P., & Handono, S. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) fisika berbasis poe materi gerak harmonis sederhana di MAN. FKIP e-PROCEEDING, 2(1), 7-7.

Mariyana, S. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict-observe-explain) pada materi suhu dan kalor SMP/MTs KELAS VII. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(01), 96-108.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Taqwa, M. R. A., Faizah, R., & Rivaldo, L. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis POE dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada topik fluida statis. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(01), 6-13.

Widyaningrum. R. 2014. Pengembangan modul berorientasi POE (predict observ explanation) pada materi pencemaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inkuiri, 3 (II), 97-106




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2377

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eti Sukadi, Muhamad Khaerul

Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: saintek.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2802 | e-ISSN: 2407-1536


View Stats


Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains is licensed under a
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.