Pengembangan LKS berbasis POE terhadap pemahaman konsep siswa SMA kelas X pokok bahasan gerak lurus

Authors

  • Eti Sukadi Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak
  • Muhamad Khaerul IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2377

Keywords:

Pengembangan, POE, Gerak Lurus, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Predict Observe Explain (POE) Pada materi gerak lurus terhadap pemahaman konsep siswa. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang di modifikasi menjadi tujuh tahapan penelitian yaitu: 1) Potensi Dan Masalah 2) Pengumpulan data dan informasi 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk. Berdasarkan hasil analisis data dapat di ketahui bahwa media LKS Berbasis POE Layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran fisika pada materi gerak lurus di kelas X. Kelayakan LKS diperoleh dari hasil validasi berdasarkan ahli media dengan rata-rata skor 3,2 dengan kriteria layak dan berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dengan rata-rata skor 3,12 dengan kriteria layak. Adapun dari penilaian secara kualitatif yang berupa komentar dan saran, secara garis besar baik dari validator, dan siswa menanggapi bahwa LKS Berbasis POE pada materi gerak lurus untuk siswa kelas X SMA terbilang baik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eti Sukadi, Physics Education Program, IKIP PGRI Pontianak

Physics Education Program

Muhamad Khaerul, IKIP PGRI Pontianak

Physics Education Program

References

Falah, S., Hartono, H., & Yulianti, I. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa listrik dinamis berbasis POE (Predict-Observe-Explain) untuk meningkatkan penalaran dan pemahaman konsep siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(2), 96-102.

Fannie. R. D. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (Predict Observ Explanation) pada materi program linear kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8 (1), 96-109

Lebdiana, R., & Hindarto, N. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran materi suhu dan kalor berbasis poe (predict-observe-explain) untuk meremediasi miskonsepsi siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(2).

Lesmono, A. D., Anggraini, S. A. P., & Handono, S. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) fisika berbasis poe materi gerak harmonis sederhana di MAN. FKIP e-PROCEEDING, 2(1), 7-7.

Mariyana, S. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict-observe-explain) pada materi suhu dan kalor SMP/MTs KELAS VII. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(01), 96-108.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Taqwa, M. R. A., Faizah, R., & Rivaldo, L. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis POE dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada topik fluida statis. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(01), 6-13.

Widyaningrum. R. 2014. Pengembangan modul berorientasi POE (predict observ explanation) pada materi pencemaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inkuiri, 3 (II), 97-106

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Sukadi, E., & Khaerul, M. (2020). Pengembangan LKS berbasis POE terhadap pemahaman konsep siswa SMA kelas X pokok bahasan gerak lurus. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(2), 90–102. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2377