Pembuatan buku saku submateri pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia kelas X SMA

Authors

  • Ela Elisa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura
  • Ruqiah Ganda Putri Panjaitan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura
  • Eko Sri Wahyuni Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2396

Keywords:

buku saku, kelayakan, submateri pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan buku saku sebagai media pembelajaran pada submateri pemanfaatan keanekaragaman hayati indonesia kelas X SMA. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Buku saku divalidasi oleh lima orang validator. Proses validasi buku saku dilakukan dengan menggunakan lembar validasi yang berisikan 14 kriteria, adapun aspek yang dinilai meliputi aspek konsistensi, format, organisasi, daya tarik, isi dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan nilai content validity ratio (CVR) dan content validity index (CVI)  masing-masing sebesar 0,99 dan berada dalam kategori valid. Disimpulkan bahwa media buku saku valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia kelas X SMA. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ami, M.S., Susantini, E., & Raharjo. (2012). Pengembangan buku saku materi sistem ekskresi manusia di SMA/MA kelas XI. Biology Education, 1(2),10-13.

Amisyah, S. (2016). Pembelajaran biologi pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia melalui media gambar di MTsN Jongar Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Biotik, 4(2), 143-148.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran (cetakan ke-17). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Due, R., Syamswisna, & Marlina, R. (2014). Etnobotani tumbuhan obat suku dayak pesaguan dan implementasinya dalam pembuatan flash card biodiversitas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 1-13.

Eliana, D. & Solikhah. (2012). Pengaruh buku saku gizi terhadap tingkat pengetahuan gizi pada anak kelas 5 Muhammadiyah Dadapan Desa Wonokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2),162-232.

Enawaty, E. & Sari, H. (2010). Pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA 3 Pontianak pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 24-36.

Fatmala, D. & Yelianti, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis android pada materi plantae untuk siswa SMA menggunakan eclipse galileo. Jurnal Biodik, 2(1), 1-6.

Irnaningtyas. (2013). Biologi untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.

Juannita & Adhi, B.P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Kelas 8 SMP dengan fitur augmented reality berbasis android (studi kasus: SMPN 7 Depok). Jurnal Pinter, 1(1), 76-81.

Kemendikbud. (2016). Silabus mata pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) mata pelajaran biologi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan balitbang Kemendikbud.

Laksita, S.V., Supurwoko, & Budiawanti, S. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika dalam bentuk pocket book pada materi alat optik serta suhu dan kalor untuk kelas X SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(1), 14-16.

Lawshe, C.H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, 28, 563-575.

Mair, Z.R. & Supriadi, T. (2017). Media pembelajaran sistem pencernaan pada manusia berbasis multimedia. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu, 6(1), 20-30.

Miftakh, F. & Samsi, Y.S. (2015). Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa. Jurnal Ilmiah Solusi, 2(5), 17-24.

Mutmainah, Daningsih, E., & Marlina, R. (2014). Buku saku keanekaragaman hayati hasil inventarisasi tumbuhan berpotensi tanaman hias di Gunung Sari Singkawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(10), 1-12.

Nurbaiti, Panjaitan, R.G.P., & Titin. (2017). The properness of adobe flash basis interactive media for respiratory system learning material. Unnes Science Education Journal, 6(3), 1662-1668.

Panjaitan, R.G.P., Savitri, E., & Titin. (2016). Pengembangan media e-comic bilingual sub materi saluran dan kelenjar pencernaan. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1379-1387.

Poerwadarminta, W.J.S. (2006). Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmawati, I.S., Roekhan, & Nurchasanah. (2016). Pengembangan media pembelajaran menulis teks fabel dengan micromedia flash bagi siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1323-1329.

Setiawan, H., Syamswisna, & Nurdini, A. (2014). Inventarisasi Nepenthes di Hutan Adat Kantuk dan implementasinya berupa buku saku keanekaragaman hayati indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 1-18.

Setyono, Y.A., Sukarmi, & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran fisika kelas VIII materi gaya ditinjau dari minat baca siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 118-126.

Sulistyani, N.H.D., Jamzuri, & Rahardjo, D.T. (2013). Perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pocket book dan tanpa pocket book pada materi kinematika gerak melingkar kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 164-172.

Sundayana, R. (2014). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Suryanda, A. Ernawati, & Maulana, A. (2016). Pengembangan modul multimedia mobile learning dengan android studio 4.1 materi keanekaragaman hayati bagi siswa SMA kelas X. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 55-64.

Susilana, R. & Riana, C. (2007). Media pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Yuliani, F. & Herlina, L. (2015). Pengembangan buku saku materi pemanasan global untuk SMP. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 104-110.

Downloads

Published

2021-12-18

How to Cite

Elisa, E., Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2021). Pembuatan buku saku submateri pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 90–98. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2396