Buku saku submateri kelainan pada sistem ekskresi kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.2406Keywords:
Kata kunci, buku saku, validasi, submateri sistem ekskresiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media buku saku sebagai media pembelajaran submateri kelainan pada sistem ekskresi kelas XI SMA berdasarkan hasil uji ekstrak daun pasak bumi dalam menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus. Media buku saku divalidasi oleh dua orang validator dengan menilai beberapa aspek yaitu aspek format, isi dan bahasa. Analisis validasi dilakukan dengan cara menghitung skor yang diberikan oleh dua orang validator menggunakan rumus validitas isi. Hasil analisis validasi media buku saku dinyatakan valid dengan nilai 1,00. Kesimpulannya media buku saku submateri kelainan pada sistem ekskresi layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Ami, M.S, Endang S., dan Raharjo. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Bioedu. 1(2),10-13. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/439/342.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, S. Bahri dan Aswan Zain. (1995). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gregory, R.J. (2011). Tes Psikologi: Sejarah, Prinsip, dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.
Meikahani, R. dan Erwin S.K. (2015). Pengembangan Buku Saku Pengenalan Pertolongan dan Perawatan Cedera Olahraga untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. (11)1,15-22. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/8166.
Mustari, M. dan Yunita S. (2017). Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 6(1),113-123.
Nugraha, Setya G. (2013). Kamus Bahasa Indonesia Praktis. Surabaya: Sulita Jaya. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/1583.
Pangestu, Citra, Abdurrahman, dan Feriansyah S. (2013). Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Siswa SMP. 5(5),97-107. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/1744.
Rahmawati, I. S., Roekhan., & Nurchasanah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash Bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. Vol. 1 (7), 1323-1329. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6561.
Riyana, Cepi. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulistyani, N.H.D,. Jamzuri dan D.T. Raharjo. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book Pada Meteri Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika. 1(1),164-172. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/1784.
Susilana, R. dan Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Utami, D.N. (2016). Kelayakan media buku saku pada sub materi manfaat keanekaragaman hayati kelas X SMA. Jurnal Pendidikan danPembelajaran. 5(1),1-11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17555.
Windiarti, E dan Andian A.A (2016). Pengembangan buku saku pengolahan serealia dan kacang-kacangan (dodol, donat, susu kedelai) untuk SMK TPHP. Jurnal Pendidikan Teknik Boga. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/boga/article/view/3167.
Yazid, K., Susantini, E., & Fitrihidajati, H. (2016).Validitas Buku Saku Materi Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. BioEdu. Vol. 5 (3), 390-396 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/19428/17744.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sayuti Sayuti, Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Eko Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.