Rancang bangun informasi obat tradisional kalimantan dengan permodelan air terjun berbasis android

Authors

  • Muhammad Haris Qamaruzzaman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Sutami Sutami Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Sam'ani Sam'ani STMIK Palangkaraya http://orcid.org/0000-0003-0346-3791

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v10i1.2567

Keywords:

traditional medicine, Borneo, waterfall model, Android

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun informasi obat tradisional Kalimantan dengan berbasis Android. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development Penelitian dan Pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan pengembangan model air terjun (waterfall). Hasil penelitian ini yaitu berupa aplikasi informasi berbagai macam obat khas tradisional Kalimantan baik yang berasal dari berbagai jenis tumbuhan, tanaman maupun hewan dengan berbasis Android secara visual dan berdasarkan hasil pengujian black box terhadap semua input dan menjalankan semua fitur yang tersedia pada aplikasi didapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang sudah dirancang dan diharapkan. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat membantu menambah pengetahuan dalam mengolah, menyajikan dan memanfaatkan berbagai tanaman, tumbuhan maupun hewan sebagai pengobatan tradisional oleh masyarakat Kalimantan pada khususnya dan masyarakat lain pada umumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Haris Qamaruzzaman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Prodi Ilmu Komputer

Fakultas Teknik dan Informatika

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

 

Sutami Sutami, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Prodi Ilmu Komputer

Fakultas Teknik dan Informatika

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Sam'ani Sam'ani, STMIK Palangkaraya

Program Studi Teknik Informatika

STMIK Palangkaraya

References

Guritno, Suryo, Sudaryono, Raharja, U. (2011). Theory and Application of IT Research. Andi Offset.

Hendradjaya, B. (2017). Konsep Dasar Pengujian Perangkat Lunak (1st ed.). ITB Press.

Pradana, F., Jusak, & Ignatius, A. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Tanaman Obat Berbasis Semantik Web. JSIKA, 5(8), 1–7.

Pressman, R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu Edisi 7). Andi Offset.

Sam’ani, & Qamaruzzaman, M. H. (2018). Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Notebook Menggunakan Metode Certainty Factor. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 10(1), 90–94.

Sam’ani, & Qamaruzzaman, M. H. (2019). Rancang Bangun Visualisasi Pembelajaran Berbasis Android Untuk Anak. Jurnal SISTEMASI, 8(3), 386–396. https://doi.org/https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.518

Sam’ani, Qamaruzzaman, M. H., & Sutami. (2020). Rancang Bangun Biografi Pahlawan Nasional Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika, 5(2), 133–143. https://doi.org/10.35316/jimi.v5i2.892

Supardi. (2011). Semua Bisa Menjadi Programer Android-Basic. Elex Media Komputindo.

Wismarini, T. D., Budi, D., Handayani, D., & Ningsih, U. (2012). Elektronik Ensiklopedi Tanaman Herba sebagai Bank Data Digital Tanaman Obat. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 17(2), 90–97.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Qamaruzzaman, M. H., Sutami, S., & Sam’ani, S. (2021). Rancang bangun informasi obat tradisional kalimantan dengan permodelan air terjun berbasis android. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(1), 80–89. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i1.2567