Kelayakan media flash flipbook pada submateri darah

Authors

  • Ruqiah Ganda Putri Panjaitan Departement of Biology Education , Universitas Tanjungpura
  • Astrid Maulidya Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura
  • Yokhebed Yokhebed Prodi. Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.2643

Keywords:

feasibility, flash flipbook, sub blood material

Abstract

This study aims to determine the feasibility of flash flipbook as a medium for sub blood material learning. The research method is descriptive with survey and the research instrument is a validation sheet. The feasibility of flash flipbook was measured through material validity test and media validity test. The validation aspect of flash flipbook material consists of format, content, and language. The aspect of media validation from flash flipbook consists of general aspects, soft engineering, visual engineering, and audio communication. The results of flash flipbook validation obtained an average value of validation by material experts 3.35 valid criteria and the average value of validation by media experts 3.42 valid criteria. It can be concluded that flipbook flash is suitable to be used as a learning medium on sub blood material.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. 2014. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Devi, C., Utari, T. S. G., & Nurkanti, M. (2018). Penggunaan media pembelajaran mivi (media interaktif visual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik sistem gerak manusia. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 1-7.

Enawaty, E. & Sari, H. (2010). Pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Pontianak pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 24-36.

Fahievi, M. S. R. & Fuad, A. (2011). Multimedia interaktif flash flipbook pakaian adat betawi. Jurnal Inosains, 6(2), 60-66.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66-79.

Hidayati, L. T. (2015). Persepsi jurnalis surat kabar harian kaltim post mengenai implementasi pedoman perilaku penyiaran (p3) dan standar program siaran (sps) pada acara indonesia lawyers club di TVOne. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2): 137-149.

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma pembelajaran biologi di era digital. Jurnal Bioedukatika, V(1): 12-17.

Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. (2016). pengembangan media flash flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301.

Nuzulia, R. U., Suyanto, S. & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik pada materi mekanisme kerja sistem saraf untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(6), 46-53.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah pertama negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127-144.

Rahmawati, I. S., Roekhan, & Nurchasanah. 2016. Pengembangan media pembelajaran menulis teks fabel dengan macromedia flash bagi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1323-1329.

Rahmawati, D., Wahyuni, S. & Yushardi. (2017). Pengembangan media pembelajaran flipbook pada materi gerak benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326-332.

Rasiman. (2014). Efektivitas resource based learning berbantuan flip book maker dalam pembelajaran matematika SMA. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1(2), 34-41.

Sasmita, F. W., Susetyarini, E., Husamah, & Pantiwati, Y. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis penelitian efek ekstrak daun tithonia diversifolia terhadap kadar glukosa darah tikus wistar. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 90-101.

Solikhatun, I., Santosa, S., & Maridi. (2015). Pengaruh penerapan reality based learning terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 49-60.

Sugianto, D., Abdullah, A.G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual: multimedia flipbook dasar teknik digital. INVOTEC, IX(2), 101-116.

Surahmadi, B. (2016). Pengaruh media pembelajaran virtual berbasis quipper school untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Temanggung. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1123-1127.

Susilana, R. & Riyana, C. 2009. Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Syahri, U. A., Chirstijanti, W., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berbasis digital games based learning tema pencemaran lingkungan untuk siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 3(3), 593-601.

Taufiqoh, P.L., Rahajo, & Sifak, I. (2012). Profil media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi sistem peredaran darah manusia. BioEdu, 1(2), 1-4.

Wahyuliani, Y., Supriadi, U., & Anwar, S. (2016). Efektivitas penggunaan media pembelajaran flip book terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Bandung. Tarbawy Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 22-36.

Wahyuningsih, A. N. (2011). Pengembangan media komik bergambar materi sistem saraf untuk pembelajaran yang menggunakan strategi PQ4R. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 102-110.

Widyaningrum, H. K. (2015). Penggunaan media audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 5(2), 200-209.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. In Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS UNESA. Surabaya 4 Agustus 2010.

Downloads

Published

2022-12-03

How to Cite

Panjaitan, R. G. P., Maulidya, A., & Yokhebed, Y. (2022). Kelayakan media flash flipbook pada submateri darah. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 11(2), 77–87. https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.2643