Penggunaan LKS untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SD Negeri 21 Pontianak Barat

Authors

  • Nadhirah Nadhirah Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2703

Keywords:

Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah di gunakannya LKS dalam proses pembelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III A SD Negeri 21 Pontianak Barat Tahun pelajaran 2017 – 2018 yang berjumlah 30 orang Penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus dan pada tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpul data yaitu menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian mengemukakan bahwa menggunakan LKS dapat meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP dari siklus I ke siklus II. Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP dari rata-rata persentase siklus I 85,71% dan proses pembelajaran rata-rata persentase 74,07% dengan kategori baik dan meningkat di siklus II mencapai 94,64% untuk kemampuan menyusun RPP sedangkan untuk proses pembelajaran mencapai pesrentase 89,81% dengan kategori baik sekali. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari tes akhir siklus I diperoleh rata-rata 72,66 dengan tingkat ketuntasan hanya mencapai 62,5% kemudian meningkat pada tes akhir evaluasi siklus II dengan nilai rata-rata 89,66% dengan tingkat ketuntasan mencapai 100%. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat di simpulkan bahwa dengan penggunaan lembar kerja siswa (LKS) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas III A SD Negeri 21 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2017-2018.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nadhirah Nadhirah, Universitas Tanjungpura

PGSD FKIP

References

Ahmadi, L. K., & Amri, S. (2011). Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : Pustaka Karya.

Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2018). Literasi Sekolah sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar yang Berdampak pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 5(2), 153-166.

Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional.

Hurri, I., & Widiyanto, R. (2018). Pembelajaran IPS Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa SMP. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1), 12-23.

Indonesia, R. (1997). Undang-Undang No. 20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak. Lembaran Negara RI Tahun, (43).

Majid, A. (2008). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustika, I. (2017). Sikap Profesional Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. Semantik, 2(2), 47-54.

Ramadha, G. M., & Resmi, C. (2019). Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Lokal Cipta Gelar Sukabumi dalam Mengembangkan Kecerdasan Ekologis. Edukasi Journal Universitas Muhamadiyah Magelang, 11.

Suparno, P. SJ.(2002). Reformasi Pendidikan (Sebuah Rekomendasi). Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Nadhirah, N. (2020). Penggunaan LKS untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SD Negeri 21 Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(2), 146–158. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2703