Penggunaan LKS untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SD Negeri 21 Pontianak Barat
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2703Keywords:
Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan SosialAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah di gunakannya LKS dalam proses pembelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III A SD Negeri 21 Pontianak Barat Tahun pelajaran 2017 – 2018 yang berjumlah 30 orang Penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus dan pada tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpul data yaitu menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian mengemukakan bahwa menggunakan LKS dapat meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP dari siklus I ke siklus II. Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP dari rata-rata persentase siklus I 85,71% dan proses pembelajaran rata-rata persentase 74,07% dengan kategori baik dan meningkat di siklus II mencapai 94,64% untuk kemampuan menyusun RPP sedangkan untuk proses pembelajaran mencapai pesrentase 89,81% dengan kategori baik sekali. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari tes akhir siklus I diperoleh rata-rata 72,66 dengan tingkat ketuntasan hanya mencapai 62,5% kemudian meningkat pada tes akhir evaluasi siklus II dengan nilai rata-rata 89,66% dengan tingkat ketuntasan mencapai 100%. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat di simpulkan bahwa dengan penggunaan lembar kerja siswa (LKS) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas III A SD Negeri 21 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2017-2018.
Â
Downloads
References
Ahmadi, L. K., & Amri, S. (2011). Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : Pustaka Karya.
Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2018). Literasi Sekolah sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar yang Berdampak pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 5(2), 153-166.
Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional.
Hurri, I., & Widiyanto, R. (2018). Pembelajaran IPS Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa SMP. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1), 12-23.
Indonesia, R. (1997). Undang-Undang No. 20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak. Lembaran Negara RI Tahun, (43).
Majid, A. (2008). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustika, I. (2017). Sikap Profesional Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. Semantik, 2(2), 47-54.
Ramadha, G. M., & Resmi, C. (2019). Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Lokal Cipta Gelar Sukabumi dalam Mengembangkan Kecerdasan Ekologis. Edukasi Journal Universitas Muhamadiyah Magelang, 11.
Suparno, P. SJ.(2002). Reformasi Pendidikan (Sebuah Rekomendasi). Yogyakarta: Kanisius.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.