Mobile learning bermuatan science, technology, engineering, mathematics (stem) sebagai upaya peningkatan literasi digital
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3187Keywords:
mobile learning, STEM, literasi digitalAbstract
Pelaksanaan pembelajaran daring saat ini menjadi sebuah fenomena baru bagi sekolah, karena guru dan siswa diharuskan untuk berkomunikasi secara virtual. Hal ini tentunya perlu penguasaan literasi digital agar terjadi proses pengolahan dan penyampaian informasi yang tepat. Pelaksanaan pembelajaran virtual ini menuntut siswa agar dapat belajar mandiri di rumah. Inovasi dalam pembelajaran virtual yang dilakukan dapat menggunakan modul pembelajaran digital melalui penerapan mobile learning. Mobile learning dapat dimanfaatkan siswa sebagai sarana belajar di rumah karena dapat diakses sendiri melalui telepon pintar. Mobile learning yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran dapat berbentuk modul digital yang di dalamnya memuat materi ajar berbasis penerapan model pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM). STEM dapat menjadi sebuah alternatif pembelajaran agar siswa dapat belajar secara mandiri di rumah dengan memanfaatkan teknologi digital yang dimilikinya.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan mobile learning berupa modul digital bermuatan STEM yang layak pada materi IPA SD agar siswa dapat belajar secara mandiri. Penelitian pengembangan ini menggunakan pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Adapun hasil validasi pengembangan modul digital oleh para ahli yaitu validasi materi sebesar 94 % dengan kategori sangat valid, validasi media sebesar 85 % dengan kategori cukup valid, dan validasi praktisi pendidikan sebesar 93 % dengan kategori sangat valid. Selain itu, hasil angket respon siswa juga memperoleh persentase sebesar 72 % dengan kategori baik. Hal ini menunjukan bahwa hasil pengembangan produk dan respon oleh siswa berada pada kategori baik. Penggunaan mobile learning berbentuk modul digital bermuatan STEM ini diharapkan dapat meningkatkan literasi digital serta pola belajar mandiri siswa.
Downloads
References
Anandari, Q. S., Kurniawati, E. F., Marlina, M., Piyana, S. O., Melinda, L. G., Meidiawati, R., & Fajar, M. R. (2019). pengembangan modul elektronik motivasi belajar siswa dengan menggunakan aplikasi kvisoft flipbook berbasis etnhokonstruktivisme. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(2), 416-436.
Ardyantama, V. (2016). Pengembangan Media Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV SD Hangtuah VI Surabaya. Retrieved from http://alpen.web.id.
Firdaus, S., & Hamdu, G. (2020). pengembangan mobile learning video pembelajaran berbasis stem (science, technology, engineering and mathematics) di sekolah dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 66-75.
Marty, P. F., Alemanne, N. D., Mendenhall, A., Maurya, M., Southerland, S. A., Sampson, V., ... & Schellinger, J. (2013). Scientific inquiry, digital literacy, and mobile computing in informal learning environments. Learning, Media and Technology, 38(4), 407-428.
Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nasution, M. I. P. (2016). Strategi pembelajaran efektif berbasis mobile learning pada sekolah dasar. IQRA': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 10(1), 1-14.
National Research Council. (2014). STEM Integration in K-12 Education. In STEM Integration in K-12 Education. Retrieved from https://doi.org/10.17226/18612.
Permanasari, A. (2016). STEM education: Inovasi dalam pembelajaran sains. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, pp. 23-34).
Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sukmadinata, N.S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Torlakson, T. (2014). Innovate A Blueprint for Science, Technology, Engineering, and KemMathematics in California Public Education. In Californians Dedicated to Education Foundation (Issue May). Retrieved from http://www.cde.ca.gov/pd/ca/sc/documents/innovate.pdf.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.