Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas iv dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika di sdn 14 senapit
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3461Keywords:
Metode Pembelajaran Demonstrasi, Motivasi, Konsep MatematikaAbstract
Matematika masih dianggap membosankan oleh siswa karena terdapat konsep matematika sangat sulit untuk dipahami. Motivasi belajar siswa juga belum terbangun saat belajar matematika. Meskipun guru sudah maksimal menyusun rencana pembelajaran, menyediakan media, mengatur strategi pembelajaran dan pengelolaan kelas, ternyata setelah proses pembelajaran berlangsung, guru masih saja menggunakan metode menonton dan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi interaktif. Metode demonstrasi merupakan salah satu cara untuk membangkitkan imajinasi dan kreativitas siswa dalam pembelajaran dan membantu guru meningkatkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Setelah metode ini diterapkan selama tiga siklus perbaikan atau tindakan kelas di SDN 14 Senapit, terjadi peningkatan pada hasil belajar matematika, hal ini terlihat dari hasil kerja siswa yang telah tuntas belajar. Metode demonstrasi dalam pembelajaran berdampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan daya pikir siswa.Â
Downloads
References
Selvianiresa, D. (2017). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar pada Materi Nilai Tempat Mata Pelajaran Matematika di Kelas I SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65-73.
Murti, R.C. (2015). Meningkatkan Kemampuan Matematika Di Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Sosiokultur. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2(2). doi:https://doi.org/10.21831/jpipfip.v0i0.4616
Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12-21.
Kusiah, K. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Dengan Media Gambar Siswa Kelas I SDN Kajen Margoyoso Pati Tahun 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Nawawi, H. (2001). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Offset.
Nurhayati., Wahyudi., & Angraeni, L. (2021, November). The influence of problem based learning model and critical thinking ability on higher order thinking skills (HOTs) of physics prospective teachers students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2104, No. 1, p. 012007). IOP Publishing.
Nurussaniah, N., Sari, I. N., & Mustakim, R. (2021). Analysis of the livewire software application on students’ learning understanding and motivation on ohm’s law concepts. Journal of Physics: Conference Series, 2104(1), 012029. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2104/1/012029
Wahyudi, W., Saputri, D. F., Koriaty, S., & Nurhayati, N. (2019). Workshop Lesson Plan dan Lembar Observasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru IPA SMP dalam Merencanakan Pembelajaran. Publikasi Pendidikan, 9(3), 245-253.
Wahyudi., & Dinata, W.A. (2013). Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Media Animasi Pada Materi Konsep Zat Di Kelas VII SMPN 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 187-200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.