Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas iv dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika di sdn 14 senapit

Authors

  • Salawati Salawati SD Negeri 04 Senapit

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3461

Keywords:

Metode Pembelajaran Demonstrasi, Motivasi, Konsep Matematika

Abstract

Matematika masih dianggap membosankan oleh siswa karena terdapat konsep matematika sangat sulit untuk dipahami. Motivasi belajar siswa juga belum terbangun saat belajar matematika. Meskipun guru sudah maksimal menyusun rencana pembelajaran, menyediakan media, mengatur strategi pembelajaran dan pengelolaan kelas, ternyata setelah proses pembelajaran berlangsung, guru masih saja menggunakan metode menonton dan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi interaktif. Metode demonstrasi merupakan salah satu cara untuk membangkitkan imajinasi dan kreativitas siswa dalam pembelajaran dan membantu guru meningkatkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Setelah metode ini diterapkan selama tiga siklus perbaikan atau tindakan kelas di SDN 14 Senapit, terjadi peningkatan pada hasil belajar matematika, hal ini terlihat dari hasil kerja siswa yang telah tuntas belajar. Metode demonstrasi dalam pembelajaran berdampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan daya pikir siswa. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Selvianiresa, D. (2017). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar pada Materi Nilai Tempat Mata Pelajaran Matematika di Kelas I SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65-73.

Murti, R.C. (2015). Meningkatkan Kemampuan Matematika Di Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Sosiokultur. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2(2). doi:https://doi.org/10.21831/jpipfip.v0i0.4616

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12-21.

Kusiah, K. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Dengan Media Gambar Siswa Kelas I SDN Kajen Margoyoso Pati Tahun 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nawawi, H. (2001). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Offset.

Nurhayati., Wahyudi., & Angraeni, L. (2021, November). The influence of problem based learning model and critical thinking ability on higher order thinking skills (HOTs) of physics prospective teachers students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2104, No. 1, p. 012007). IOP Publishing.

Nurussaniah, N., Sari, I. N., & Mustakim, R. (2021). Analysis of the livewire software application on students’ learning understanding and motivation on ohm’s law concepts. Journal of Physics: Conference Series, 2104(1), 012029. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2104/1/012029

Wahyudi, W., Saputri, D. F., Koriaty, S., & Nurhayati, N. (2019). Workshop Lesson Plan dan Lembar Observasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru IPA SMP dalam Merencanakan Pembelajaran. Publikasi Pendidikan, 9(3), 245-253.

Wahyudi., & Dinata, W.A. (2013). Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Media Animasi Pada Materi Konsep Zat Di Kelas VII SMPN 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 187-200.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Salawati, S. (2021). Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas iv dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika di sdn 14 senapit. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 144–151. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3461