Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tai berbantuan lks untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas xii mipa di sma negeri 7 pontianak
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3463Keywords:
TAI, Prestasi Belajar, Remedial, PTKAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek adalah siswa kelas XII. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes siswa (yaitu hasil tes evaluasi siklus I dan hasil tes evaluasi siklus II), hasil observasi keaktifan siswa dan jurnal harian. Pada siklus 1 rata-rata kelasnya mencapai 67.31, siswa yang tuntas sebanyak 20 anak (51.28%) dan yang tidak tuntas sebanyak 19 anak (48.72%) dengan nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 45. Pada siklus 1 untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan, tetapi untuk prosentasi ketuntasan masih dibawah indikator yang ditetapkan. Pada siklus 2 rata-rata kelasnya mencapai 75, siswa yang tuntas sebanyak 33 anak (84.62%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 anak (15.38%) dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 53. Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa.Â
Downloads
References
Ali, M. (2011). Aplikasi pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan bahan ajar dalam pendidikan agama islam / Dr.H. Ali Mudlofir, M.Ag. | Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Rajawali. http://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=6806
Darmawan, D. (2011). Teknologi pembelajaran. Rosdakarya. https://rosda.co.id/pendidikan-keguruan/351-teknologi-pembelajaran.html
Hannafin, M. J., & Peck, K. L. (1988). The design, development, and evaluation of instructional software. Macmillan; Collier Macmillan.
Miarso, Y. H. (2005). Menyemai benih teknologi pendidikan . Prenada Media. http://perpus.staidarululumkandangan.ac.id/opac/detail-opac?id=264
Noor, N., & Munandar, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif (Tipe TAI dan TPS) dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(1), 65–75. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/89
Nurzakiaty, I. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dalam pembelajaran integral di kelas XII IPA-2 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH. Jurnal Peluang, 3(2). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5715
Prastowo, A. (2013). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif : Menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan . Diva Press. http://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=10507
Sapri, S. (2021). Efektifitas penggunaan media video dalam proses kegiatan belajar mengajar masa pandemi di kelas xi ipa3 sma negeri 7 pontianak. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 77–88. https://doi.org/10.51878/TEACHING.V1I1.86
Sutiari, N. L. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran tata graha. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/JIPP.V3I1.17107
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.