Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tai berbantuan lks untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas xii mipa di sma negeri 7 pontianak

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3463

Keywords:

TAI, Prestasi Belajar, Remedial, PTK

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek adalah siswa kelas XII. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes siswa (yaitu hasil tes evaluasi siklus I dan hasil tes evaluasi siklus II), hasil observasi keaktifan siswa dan jurnal harian. Pada siklus 1 rata-rata kelasnya mencapai 67.31, siswa yang tuntas sebanyak 20 anak (51.28%) dan yang tidak tuntas sebanyak 19 anak (48.72%) dengan nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 45. Pada siklus 1 untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan, tetapi untuk prosentasi ketuntasan masih dibawah indikator yang ditetapkan. Pada siklus 2 rata-rata kelasnya mencapai 75, siswa yang tuntas sebanyak 33 anak (84.62%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 anak (15.38%) dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 53. Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2011). Aplikasi pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan bahan ajar dalam pendidikan agama islam / Dr.H. Ali Mudlofir, M.Ag. | Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Rajawali. http://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=6806

Darmawan, D. (2011). Teknologi pembelajaran. Rosdakarya. https://rosda.co.id/pendidikan-keguruan/351-teknologi-pembelajaran.html

Hannafin, M. J., & Peck, K. L. (1988). The design, development, and evaluation of instructional software. Macmillan; Collier Macmillan.

Miarso, Y. H. (2005). Menyemai benih teknologi pendidikan . Prenada Media. http://perpus.staidarululumkandangan.ac.id/opac/detail-opac?id=264

Noor, N., & Munandar, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif (Tipe TAI dan TPS) dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(1), 65–75. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/89

Nurzakiaty, I. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dalam pembelajaran integral di kelas XII IPA-2 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH. Jurnal Peluang, 3(2). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/5715

Prastowo, A. (2013). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif : Menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan . Diva Press. http://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=10507

Sapri, S. (2021). Efektifitas penggunaan media video dalam proses kegiatan belajar mengajar masa pandemi di kelas xi ipa3 sma negeri 7 pontianak. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 77–88. https://doi.org/10.51878/TEACHING.V1I1.86

Sutiari, N. L. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran tata graha. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/JIPP.V3I1.17107

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Susilawati, E. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tai berbantuan lks untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas xii mipa di sma negeri 7 pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 152–159. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3463