EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TIK IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Dochi Ramadhani Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v4i1.4

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, dengan desain penelitian non-equivalent group.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tepat diterapkan pada mata kuliah keamanan komputer semester 4 mahasiswa Pendidikan TIK IKIP PGRI Pontianak dengan pembelajaran klasikal. Data gain score diperoleh dari selisih nilai antara pretest dan posttest dan kemudian dianalisis secara deskriptif dan dicari selisihnya untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan metode klasikal, kemudian dilakukan analisa hipotesis dengan menggunakan One-Way Anova dengan taraf signifikansi 0,05 untuk mengetahui perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawlebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran klasikal di Program Studi Pendidikan TIK IKIP PGRI Pontianak pada mata kuliah keamanan komputer.

 

Kata kunci: Jigsaw, pembelajaran klasikal, pendidikan TIK, pembelajaran kooperatif, prestasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-02-25

How to Cite

Ramadhani, D. (2016). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TIK IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1). https://doi.org/10.31571/saintek.v4i1.4