Kelayakan media booklet pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.4095Keywords:
booklet, media pembelajaran, interaksi makhluk hidup dan lingkungannyaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan booklet sebagai media belajar tentang interaksi makhluk hidup dan lingkungannya. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Booklet ini didukung oleh dua validator. Validasi booklet dilakukan dengan menggunakan lembar validasi 12 kriteria, sedangkan aspek yang dinilai meliputi aspek format, isi, dan bahasa. Hasil validasi kemudian dianalisis menggunakan perhitungan Gregory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas aspek format, isi dan bahasa masing-masing aspek adalah 1,00 dan rata-rata validitas ketiga aspek tersebut adalah 1,00 dengan kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa booklet ini layak digunakan sebagai media pembelajaran tentang interaksi makhluk hidup dan lingkungannya di kelas VII SMP.
Downloads
References
Amir, M., Muris, & Arsyad, M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 11(3), 202–213. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/jspf.v11i3.1756
Arsyad, A. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Gemilang, R., & Christiana, E. (2016). Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo. Jurnal BK UNESA, 6(3), 3–9. https://core.ac.uk/download/pdf/230614276.pdf
Gregory, R. J. (2011). Tes Psikologi Sejarah, Prinsip, dan Aplikasi Edisi Keenam Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science for Kids sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1234
Mahendrani, K., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Booklet Etnosains Fotografi Tema Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa SMP. Unnes Science Education Jurnal, 4(2), 2015. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Mirawati, Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2022). Kelayakan Flipbook Submateri Kelainan atau Penyakit pada Sistem Reproduksi di SMA. Jurnal Pendidikan Infromatika dan Sains, 1(11), 36–40. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.
Muchtadi. (2013). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Konvensional Ditinjau dari Gender pada Materi Operasi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 118–130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v2i2.222
Nurussaniah, & Sari, I. N. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa pada Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(9), 46–58. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.
Oktaviani, D. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(2), 179–194. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/69/67
Panjaitan, R. G. P., Kartika, A., & Wahyuni, E. S. (2021). Kelayakan Booklet Materi Metabolisme di Kelas XII. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 1(10), 1–10. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i1.
Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat sebagai Media Pembelajaran pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389
Pralisaputri, K. ratnadewi, Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154. https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/8930
Qamariah, W., Daningsih, E., & Yokhebed. (2017). Kelayakan Animasi Stop Motion Pembuatan Cake Pepaya Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 267–279. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/saintek.v6i2.682
Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan Pengembangan dan Pemanfaatanya. Depok: PT Raja Grafindo Permai.
Wijayanti, E., Rohman, F., & Hastuti, U. S. (2016). Pengembangan Booklet Penyuluhan "Nata De Pamelo" bagi Para Petani Jeruk Pamelo di Magetan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 874–880. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6293
Yani, A., Muhsyanur, Sahriah, Haerunnisa, & Salmawati, S. (2018). Efektivitas Pendekatan Saintifik dengan Media Booklet Higher Order Thinking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kabupaten Wajo. Jurnal Biology Science & Education, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.33477/bs.v7i1.387
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Khairunnisa Khairunnisa, Kurnia Ningsih, Ruqiah Ganda Putri Panjaitan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.