Kelayakan media booklet pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya kelas VII

Authors

  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Tanjungpura
  • Kurnia Ningsih Universitas Tanjungpura
  • Ruqiah Ganda Putri Panjaitan Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.4095

Keywords:

booklet, media pembelajaran, interaksi makhluk hidup dan lingkungannya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan booklet sebagai media belajar tentang interaksi makhluk hidup dan lingkungannya. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Booklet ini didukung oleh dua validator. Validasi booklet dilakukan dengan menggunakan lembar validasi 12 kriteria, sedangkan aspek yang dinilai meliputi aspek format, isi, dan bahasa. Hasil validasi kemudian dianalisis menggunakan perhitungan Gregory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas aspek format, isi dan bahasa masing-masing aspek adalah 1,00 dan rata-rata validitas ketiga aspek tersebut adalah 1,00 dengan kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa booklet ini layak digunakan sebagai media pembelajaran tentang interaksi makhluk hidup dan lingkungannya di kelas VII SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M., Muris, & Arsyad, M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 11(3), 202–213. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/jspf.v11i3.1756

Arsyad, A. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gemilang, R., & Christiana, E. (2016). Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo. Jurnal BK UNESA, 6(3), 3–9. https://core.ac.uk/download/pdf/230614276.pdf

Gregory, R. J. (2011). Tes Psikologi Sejarah, Prinsip, dan Aplikasi Edisi Keenam Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science for Kids sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1234

Mahendrani, K., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Booklet Etnosains Fotografi Tema Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa SMP. Unnes Science Education Jurnal, 4(2), 2015. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Mirawati, Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2022). Kelayakan Flipbook Submateri Kelainan atau Penyakit pada Sistem Reproduksi di SMA. Jurnal Pendidikan Infromatika dan Sains, 1(11), 36–40. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.

Muchtadi. (2013). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Konvensional Ditinjau dari Gender pada Materi Operasi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 118–130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v2i2.222

Nurussaniah, & Sari, I. N. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa pada Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(9), 46–58. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.

Oktaviani, D. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(2), 179–194. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/69/67

Panjaitan, R. G. P., Kartika, A., & Wahyuni, E. S. (2021). Kelayakan Booklet Materi Metabolisme di Kelas XII. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 1(10), 1–10. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i1.

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat sebagai Media Pembelajaran pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Pralisaputri, K. ratnadewi, Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154. https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/8930

Qamariah, W., Daningsih, E., & Yokhebed. (2017). Kelayakan Animasi Stop Motion Pembuatan Cake Pepaya Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 267–279. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/saintek.v6i2.682

Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan Pengembangan dan Pemanfaatanya. Depok: PT Raja Grafindo Permai.

Wijayanti, E., Rohman, F., & Hastuti, U. S. (2016). Pengembangan Booklet Penyuluhan "Nata De Pamelo" bagi Para Petani Jeruk Pamelo di Magetan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 874–880. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6293

Yani, A., Muhsyanur, Sahriah, Haerunnisa, & Salmawati, S. (2018). Efektivitas Pendekatan Saintifik dengan Media Booklet Higher Order Thinking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kabupaten Wajo. Jurnal Biology Science & Education, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.33477/bs.v7i1.387

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Khairunnisa, K., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2022). Kelayakan media booklet pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya kelas VII. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 11(2), 148–155. https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.4095