Kelayakan buku saku materi sistem ekskresi kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.4149Keywords:
buku saku, validasi, sistem ekskresiAbstract
Buku saku merupakan media cetak yang berukuran kecil, dapat disimpan di dalam saku dan mudah dibawa. Buku saku lazim digunakan dalam pembelajaran karena berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media buku saku sebagai media pendamping dalam proses pembelajaran materi sistem ekskresi kelas XI SMA. Media buku saku divalidasi oleh lima orang validator dengan menilai dari beberapa aspek yakni aspek format, isi dan bahasa. Hasil analisis validasi media buku saku pada ketiga aspek tersebut masing-masing didapatkan nilai CVR 0,99 dengan kriteria valid, dengan rata-rata CVI 0,99 dengan kriteria valid. Dapat disimpulkan bahwa media buku saku materi sistem ekskresi kelas XI SMA layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Aini, S.S.Q., & Sukirno. (2013). Pocketbook as media of learning to improve students learning motivation. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 11(2), 68-75.
Ami, M.S., Endang S., & Raharjo. (2012). Pengembangan buku saku materi sistem ekskresi manusia di SMA/MA kelas XI. Bioedu, 1(2), 10-13.
Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Kamil, F. (2011). Penggunaan buku saku fisika untuk meningkatkan kompetensi siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-6.
Kustandi, C. & Sutjipto B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital (Edisi Kedua). Bogor: Ghalia Indonesia.
Laksita, S.V., Supurwoko & Sri. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika dalam bentuk pocket book pada materi alat optik serta suhu dan kalor untuk kelas X SMA. Jurnal materi dan pembelajaran fisika (JMPF), 3(1), 1-6.
Lawshe, C.H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology Journal, 28, 563-575.
Maulinda, A.W. (2013) Perbandingan penerapan media audio visual dalam peningkatan kompetensi menulis cerpen siswa kelas X MA Negeri patas tahun pelajaran 2012/2013 Kec. Gerokgak Kab. Buleleng Provinsi Bali. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang. Diakses dari http://eprints.umm.ac.id/27576/2/jiptummpp-gdl-anitawulan-33047-1-pendahul-n.pdf
Naim, N. (2011). Dasar-dasar komunikasi pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nugraha, S.G. (2013). Kamus bahasa Indonesia praktis. Surabaya: Sulita Jaya.
Pangestu, C., Abdurrahman, & Feriansyah S. (2013). Pengembangan buku saku IPA terpadu sebagai media pembelajaran berbasis literasi sains siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 5(5), 97-107.
Rahmawati, I.S., Roekhan, & Nurchasanah. (2016). Pengembangan media pembelajaran menulis teks fabel dengan macromedia flash bagi siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1323-1329.
Riyana, C. (2012). Media pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Sabardila, A., Fachri, A.R., Santoso, E., Aini, N.N., Safitri, M., Putri, D.M., Damayanti,
N.A., Hermawati, L., Pratiwi, A.N., & Safira, R. (2020). Peningkatan antusiasme
dan pemahaman siswa dalam PBM melalui metode talking stick di MIM Jatisari
Kedungdowo, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 56–62.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setyono, Y.A., Sukarmin, & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran fisika kelas VIII materi gaya ditinjau dari minat baca siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 118-126.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyani, N.H.D., Jamzuri & Raharjo D.T. (2013). Perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pocket book pada meteri kinematika gerak melingkar kelas X. Jurnal Materid dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 164-172.
Susilana, R. & Riyana, C. (2007). Media pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Tim Penyusun. (2008). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Tria, A. (2014). Desain pembelajaran kimia bermuatan nilai pada topik larutan elektrolit dan non- elektrolit. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari http://repository.upi.edu.
Utami, D.N. (2016). Kelayakan media buku saku pada sub materi manfaat keanekaragaman hayati kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1-11.
Yazid, K., Susantini, E., & Fitrihidajati, H. (2016). Validitas buku saku materi ekologi untuk siswa kelas X SMA. BioEdu, 5(3), 390-396.
Yudasmara, G.A., & Desi P. (2015). Pengembangan media pembelajaran interakif biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48 (2), 1-3.
Yuliani, F., & Herlina, L. (2015). Pengembangan buku saku materi pemanasan global untuk SMP. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 104-110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 juminah juminah, Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Eko Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.