Kelayakan buku saku submateri keanekaragaman hayati berdasarkan tumbuhan upacara adat

Authors

  • Aprizal Herunanda Universitas Tanjugpura Pontianak
  • Syamswisna Syamswisna Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Asriah Nurdini Mardiyyaningsih Pendidikan Biologi

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.4429

Keywords:

Validitas, Buku Saku, Tumbuhan Upacara Adat

Abstract

Buku teks pelajaran pada dasarnya selalu digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran utama dalam menyampaikan submateri manfaat keanekaragaman hayati. Namun, buku teks yang digunakan rata-rata berukuran relatif besar, materi yang terdapat dalam buku teks juga relatif panjang, dan hanya memuat informasi pemanfaatan keanekaragaman hayati secara umum. Oleh sebab itu, muncul gagasan untuk membuat buku saku keanekaragaman hayati berbasis pemanfaatan tumbuhan dalam upacara adat Melayu Ketapang di Kelurahan Mulia Kerta. Tujuan pada penelitian kali ini untuk mengukur validitas buku saku sebagai media pembelajaran yang akan digunakan pada submateri manfaat keanekaragaman hayati tumbuhan adat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan 12 pengujian kriteria penilaian berdasarkan penilaian 5 orang validator sebagi ahli media. Berdasarkan hasil validasi, buku saku mendapat nilai koefisien V sebesar 0,81 (kategori baik) dan mendapat nilai reabilitas sebesar 0,611 (kategori baik) sehingga memiliki kelayakan yang baik untuk digunakan sebagai media penunjang proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syamswisna Syamswisna, Universitas Tanjungpura Pontianak

Pendidikan Biologi

References

Abdullah K. (2018). Berbagai Metodelogi dalam Penelitian Pendidikan dan Manajemen. Gunadarma Ilmu.

Aiken, L. R. (1980). Content Validity and Reliability of Single Items or Questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955–959.

Amka. (2019). Filsafat Pendidikan. Nizamia Learning Center.

Anjelita, R., Syamswisna, & Ariyati, E. (2018). Pembuatan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Jamur Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–8. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26171

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Developing an Instrument to Measure Mathematics Higher Order Thinking Skills of 10th Grade Student in Senior High School. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/14058

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran (Revisi). PT RajaGrafindo Persada.

Combi, Syamswisna, & Marlina, R. (2017). Kelayakan Media Buku Saku Pada Sub Materi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran UNTAN, 6(12), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/16584/14329

Indriyani Y. (2018). Keefektifan Ilustrasi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 Kelas VII Smp. Universitas Negeri Semarang.

Kusaeri. (2014). Metode Penelitian. IAIN Sunan Ampel.

Melyanti, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping untuk Pembelajaran Ekonomi Kelas XI. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Muktaf, Z. M. (2016). Proses Kreatif Desain Sampul Buku dalam Membangun Brand Positioning.

Saputra, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Android pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Sekolah Menengah Atas. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Noor Linda Vitria Sari, Artathi Eka Suryandari.

Sari, N. L. V., Suryandari, E. A., & Santjaka, A. (2010). Studi Efektifitas Buku Saku Terhadap Skor Pengetahuan Penyakit Menular Seksual Pada Siswa SMA Negeri Banyumas. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 1(1), 28–36.

Setiawan, A. (2019). Belajar dan Pembelajaran Tujuan Belajar dan Pembelajaran. Book, 09(02), 193–210. https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistyani, N. H. D., Jamzuri, & Rahardjo, D. T. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book Dan Tanpa Pocket Book Pada. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 164–172.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. CV. Wacana Prima.

Susilana, Riyana, R. &, & Cepi. (2007). Media Pembelajaran Hakikat Pengembangan Pemanfaatan dan Penilaian. CV Wacana Prima.

Vik, V., Syamswisna, & Titin. (2016). Kelayakan Media Buku Saku Submateri Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMA Mandor. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5), 1–10.

Wardah, F. (2018). Assessment berupa Penilaian Proyek untuk Mengukur Kompetensi Keterampilan Siswa. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas.Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS ISBN No. 979-545-0270-1. Fmipa Unesa., 979.

Yuliani, F., & Herlina, L. (2015). Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global untuk SMP. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 104–110.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Herunanda, A., Syamswisna, S., & Mardiyyaningsih, A. N. (2023). Kelayakan buku saku submateri keanekaragaman hayati berdasarkan tumbuhan upacara adat. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 34–41. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.4429