Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial

Authors

  • Erni Fatmawati IKIP PGRI Pontianak
  • Hana Mauludea IKIP PGRI PONTIANAK
  • Farhan Ramadhan Muhamad Alatri IKIP PGRI PONTIANAK
  • Husin Husin IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.4499

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan bentuk survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Guru IPS dan Siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Pontianak. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan komunikasi tidak langsung dengan menggunakan pedoman observasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Negeri 16 Pontianak memerlukan media pembelajaran berbasis video Sparkol VideoScribe berdasarkan hasil penghitungan persentase jawaban 75%.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alazemi, F. E., Alawairdhi, M., & Ramzan, M. (2022). Strategies for curriculum design and effective utilization of its systems for blended learning at Saudi Electronic University. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 9(7), 172–178. https://doi.org/10.21833/ijaas.2022.07.017

Anisah, A., & Azizah, E. N. (2016). Pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. JURNAL LOGIKA, XVIII(3), 1–18.

Arora, N. (2014). Computers: A private domain for today’s youth. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(4), 06–14. https://doi.org/10.9790/0837-19430614

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231-238. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859

Buditjahjanto, I. G. P. A. (2022). Analyzing factors of Gui simulation as learning media toward students’ learning outcomes. Journal of Technology and Science Education, 12(1), 83-95. https://doi.org/10.3926/jotse.1317

Çetin, Z. (2021). The effect of a modular art education programme on the personal-social development of preschool children. South African Journal of Childhood Education, 11(1), 7. https://doi.org/10.4102/sajce.v11i1.941

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Goode, E., Nieuwoudt, J., & Roche, T. (2022). Does online engagement matter? The impact of interactive learning modules and synchronous class attendance on student achievement in an immersive delivery model. Australasian Journal of Educational Technology, 38(4), 76-94. https://doi.org/10.14742/ajet.7929

Hamida, S., & Desnita, D. (2020). Analisis kebutuhan video pembelajaran fisika berbasis kontekstual materi suhu dan kalor untuk pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 42-49.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Hendriyani, Y., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(2), 85–88. https://doi.org/10.24036/tip.v11i2.147

Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa pada pembelajaran IPS terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.58258/jime.v7i1.1636

Munawarah, R. A. (2019). Sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430-437. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.12412

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran video animasi hands move dengan konteks lingkungan pada mapel IPS. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48.

Portela-Pino, I., Domínguez-Alonso, J., Alvariñas-Villaverde, M., & Chinchilla-Mira, J. J. (2022). Influence of personal, academic, social, and level of physical activity variables on emotional intelligence. Children, 9(2), 286. https://doi.org/10.3390/children9020286

Prasetyo, E., & Anggraeni, O. (2020). The effectiveness of sparkol videoscribe and chart in improving students economics learning outcome. Journal Of Critical Reviews, 7, 2699–2707.

Rahman, S. (2022, January 22). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076

Rahmanullah, F., Barliana, M. S., Meirawan, D., & Maknun, J. (2021). An evaluation of educational facilities and infrastructure in vocational high school. 248–252. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210203.127

Saepul, A. D., Helina, N., & Sutresna, Y. (2023). Improving students’ learning outcomes through PJBL learning models in practices for making of casting tape (Manihot utilissima) with the assistance of media quiziz. Journal Of Biology Education Research (JBER), 4(1), 25-30. https://doi.org/10.55215/jber.v4i1.7583

Saptono, B., Herwin, H., & Dahalan, S. C. (2023). VideoScribe’s Sparkol-Based Learning to Improve Learning Outcomes: A Classroom Action Research. International Journal of Information and Education Technology, 13(4), 749–756. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.4.1863

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 749-756.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Fatmawati, E., Mauludea, H., Ramadhan Muhamad Alatri, F., & Husin, H. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 190–196. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.4499