Perancangan media pembelajaran rangkaian listrik dasar menggunakan teknologi augmented reality melalui virtual laboratory
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.4714Keywords:
augmented reality, virtual laboratory, media pembelajaranAbstract
Memasuki era revolusi industri general 5.0 diikuti perkembangan sistem digital yang sangat pesat tentunya memberikan efek terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini juga di dukung oleh siswa generasi milenial saat ini yang lebih tertarik dengan pembelajaran yang menggunakan teknologi. Media pembelajaran dua dimensi yang bersifat konvensional tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan proses pembelajaran. Dalam melakukan proses pembelajaran Prodi Teknik Listrik Polnep belum menerapkan penggunaan teknologi di semua aspek secara menyeluruh, khususnya dalam hal media pembelajaran. Pada saat praktikum mahasiswa akan diberikan job sheets sebagai panduan dalam melakukan kegiatan praktikum. Namun job sheets yang ada hanya berupa teks dan gambar 2 dimensi, sehingga pada saat melakukan praktikum mahasiswa kurang memahami. Berdasarkan permasalahan diatas, maka diperlukan media pembelajaran yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR juga banyak diterapkan dalam pembuatan media pembelajaran saat ini khususnya virtual laboratory. Media pembelajaran ini dikemas dalam bentuk 3D sehingga mempunyai tampilan yang menarik agar dapat membantu dosen dalam memberikan penjelasan kepada mahasiswa sebelum melakukan praktikum di laboratorium. Dari hasil uji validasi yang telah dilakukan oleh seorang ahli materi maka media pembelajaran Rangkaian Listrik Dasar ini layak digunakan dengan revisi sesuai saran yang diberikan oleh ahli materi. Sedangkan hasil dari uji validasi yang dilakukan oleh 2 orang ahli media, media pembelajaran ini layak digunakan tanpa revisi. Selain itu dilakukan juga penilaian respon yang dilakukan oleh 25 orang mahasiswa dan didapatkan kesimpulan bahwa media pembelajaran ini dinilai layak dengan persentase sebesar 92%.
Downloads
References
Anggraini, Y., & Sunaryantiningsih, I. (2018). Pengembangan media pembelajaran pengukuran listrik berbasis “augmented reality†pada mahasiswa teknik elektro unipma. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 3(1), 37-41.
Djaina, R. S., Syahrial, S., & Abas, M. I. (2021). Aplikasi media pembelajaran teknologi augmented reality berbasis android. Jurnal Ilmu Komputer (JUIK), 1(2), 24-29.
Elisa, E., & Wiratmaja, I. (2019). Augmented reality: Analisis pengembangan media pembelajaran kimia untuk meningkatkan keterampilan 4C mahasiswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress), 11(2), 73-81.
Gufron, M., Suryani, M. V., & Nurfitriana, Z. (2019). Transformasi media pembelajaran konvensional pengenalan alat laboratorium kimia menjadi chem-leb berbasis augmented reality android. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 2, 480–487
Chronister, J. (2017). Blender basics classroom tutorial book 5th edition. Epingsoft.
Mulyono, K. M., & Al Fatta, H. (2012). Pembuatan Game Labirin Dengan Menggunakan Blender 3D. Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), 13(2), 27.
Munawaroh, M., & Ratama, N. (2019). Penerapan teknologi augmented reality pada matakuliah pengantar teknologi informasi di universitas pamulang berbasis android. Sains dan Teknologi Informasi, 5(2), 17-24.
Rahma, A. A. (2021). Efektivitas penggunaan virtual lab phet sebagai media pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 47-51.
Ramdhani, M. (2020). Rangkaian listrik. Erlangga.
Riduwan, S. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4 Bandung: Alfabeta.
Setyawan, D. N., & Wijayanti, A. (2022). Persepsi mahasiswa terhadap virtual laboratory pada materi rangkaian listrik sederhana. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 371-376.
Sintaro, S., Surahman, A., & Khairandi, N. (2020). Aplikasi pembelajaran teknik dasar futsal menggunakan augmented reality berbasis android. TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 1(1), 22-31.
Sholikhati, I. (2018). Pengembangan virtual laboratory dengan adobe flash cs berintegrasi sains islam sebagai media instruksional pada materi virus.
Sucipto, A., Adrian, Q. J., & Kencono, M. A. (2021). Martial art augmented reality book (arbook) sebagai media pembelajaran seni beladiri nusantara pencak silat. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 10(1), 40-45.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). CV Alfabeta.
Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran. CV Jejak.
Wibowo, A. T. (2021). Strategi penerapan augmanted reality dalam pembelajaran literasi sain digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa didik selama pandemi covid 19. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 196-202.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sarah Bibi, Wiwit Indah Rahayu, Muhammad Sulkhan Arief
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.