Perancangan media pembelajaran rangkaian listrik dasar menggunakan teknologi augmented reality melalui virtual laboratory

Authors

  • Wiwit Indah Rahayu Politeknik Negeri Pontianak
  • Sarah Bibi Politeknik Negeri Pontianak
  • Muhammad Sulkhan Arief

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.4714

Keywords:

augmented reality, virtual laboratory, media pembelajaran

Abstract

Memasuki era revolusi industri general 5.0 diikuti perkembangan sistem digital yang sangat pesat tentunya memberikan efek terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini juga di dukung oleh siswa generasi milenial saat ini yang lebih tertarik dengan pembelajaran yang menggunakan teknologi. Media pembelajaran dua dimensi yang bersifat konvensional tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan proses pembelajaran. Dalam melakukan proses pembelajaran Prodi Teknik Listrik Polnep belum menerapkan penggunaan teknologi di semua aspek secara menyeluruh, khususnya dalam hal media pembelajaran. Pada saat praktikum mahasiswa akan diberikan job sheets sebagai panduan dalam melakukan kegiatan praktikum. Namun job sheets yang ada hanya berupa teks dan gambar 2 dimensi, sehingga pada saat melakukan praktikum mahasiswa kurang memahami. Berdasarkan permasalahan diatas, maka diperlukan media pembelajaran yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR juga banyak diterapkan dalam pembuatan media pembelajaran saat ini khususnya virtual laboratory. Media pembelajaran ini dikemas dalam bentuk 3D sehingga mempunyai tampilan yang menarik agar  dapat membantu dosen dalam memberikan penjelasan kepada mahasiswa sebelum melakukan praktikum di laboratorium. Dari hasil uji validasi yang telah dilakukan oleh seorang ahli materi maka media pembelajaran Rangkaian Listrik Dasar ini layak digunakan dengan revisi sesuai saran yang diberikan oleh ahli materi. Sedangkan hasil dari uji validasi yang dilakukan oleh 2 orang ahli media, media pembelajaran ini layak digunakan tanpa revisi. Selain itu dilakukan juga penilaian respon yang dilakukan oleh 25 orang mahasiswa dan didapatkan kesimpulan bahwa media pembelajaran ini dinilai layak dengan persentase sebesar 92%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Y., & Sunaryantiningsih, I. (2018). Pengembangan media pembelajaran pengukuran listrik berbasis “augmented reality†pada mahasiswa teknik elektro unipma. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 3(1), 37-41.

Djaina, R. S., Syahrial, S., & Abas, M. I. (2021). Aplikasi media pembelajaran teknologi augmented reality berbasis android. Jurnal Ilmu Komputer (JUIK), 1(2), 24-29.

Elisa, E., & Wiratmaja, I. (2019). Augmented reality: Analisis pengembangan media pembelajaran kimia untuk meningkatkan keterampilan 4C mahasiswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress), 11(2), 73-81.

Gufron, M., Suryani, M. V., & Nurfitriana, Z. (2019). Transformasi media pembelajaran konvensional pengenalan alat laboratorium kimia menjadi chem-leb berbasis augmented reality android. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 2, 480–487

Chronister, J. (2017). Blender basics classroom tutorial book 5th edition. Epingsoft.

Mulyono, K. M., & Al Fatta, H. (2012). Pembuatan Game Labirin Dengan Menggunakan Blender 3D. Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), 13(2), 27.

Munawaroh, M., & Ratama, N. (2019). Penerapan teknologi augmented reality pada matakuliah pengantar teknologi informasi di universitas pamulang berbasis android. Sains dan Teknologi Informasi, 5(2), 17-24.

Rahma, A. A. (2021). Efektivitas penggunaan virtual lab phet sebagai media pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 47-51.

Ramdhani, M. (2020). Rangkaian listrik. Erlangga.

Riduwan, S. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4 Bandung: Alfabeta.

Setyawan, D. N., & Wijayanti, A. (2022). Persepsi mahasiswa terhadap virtual laboratory pada materi rangkaian listrik sederhana. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 371-376.

Sintaro, S., Surahman, A., & Khairandi, N. (2020). Aplikasi pembelajaran teknik dasar futsal menggunakan augmented reality berbasis android. TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 1(1), 22-31.

Sholikhati, I. (2018). Pengembangan virtual laboratory dengan adobe flash cs berintegrasi sains islam sebagai media instruksional pada materi virus.

Sucipto, A., Adrian, Q. J., & Kencono, M. A. (2021). Martial art augmented reality book (arbook) sebagai media pembelajaran seni beladiri nusantara pencak silat. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 10(1), 40-45.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). CV Alfabeta.

Suryadi, A. (2020). Teknologi dan media pembelajaran. CV Jejak.

Wibowo, A. T. (2021). Strategi penerapan augmanted reality dalam pembelajaran literasi sain digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa didik selama pandemi covid 19. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 196-202.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Rahayu, W. I., Bibi, S., & Arief, M. S. (2022). Perancangan media pembelajaran rangkaian listrik dasar menggunakan teknologi augmented reality melalui virtual laboratory. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 11(2), 200–210. https://doi.org/10.31571/saintek.v11i2.4714