PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI JURUSAN TKJ SEKOTA PONTIANAK

Authors

  • Sri Koriaty, Dochi Ramadhani, Erni Fatmawati, Ratih Widya Nurcahyo, Umi Liwayanti 1,2,3,4,5) Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak, Jl. Ampera No. 88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.491

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi pedagogik ter-hadap motivasi siswa; (2) pengaruh kompetensi kepribadian terhadap motivasi siswa; (3) pengaruh kompetensi profesional terhadap motivasi siswa; (4) pengaruh kompetensi sosial terhadap motivasi siswa; dan (5) pengaruh kompetensi pegagogik, kepribadian, profesional, dan sosial secara bersama-sama terhadap motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh guru dan siswa SMK jurusan TKJ se-Kota Pontianak dengan teknik penentuan sampel Proportional Stratified Random Sampling. Berdasarkan kuesioner pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi siswa yang disebar kepada 103 orang siswa SMK Pontianak, diperoleh: (1) data pengaruh kompetensi pedagogik terhadap motivasi siswa sebesar 15,12%; (2) pengaruh kompetensi kepribadian terhadap motivasi siswa sebesar 39,89%; (3) pengaruh kompetensi profesional terhadap motivasi siswa sebesar 36,17; (4) pengaruh kompetesnsi sosial terhadap motivasi siswa sebesar 7,93%; dan (5) pengaruh kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial secara bersama  sama terhadap motivasi siswa sebesar 0,87%.

Kata Kunci: kompetensi guru, pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-02

How to Cite

Umi Liwayanti, S. K. D. R. E. F. R. W. N. (2017). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI JURUSAN TKJ SEKOTA PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(1), 102–113. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.491