PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Vindo Feladi Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.493

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada materi Fungsi Menu dan Ikon Perangkat Lunak Pengolah Kata di Kelas VIII SMP Mandiri Pontianak. Metode yang digunakan adalah Eksperimen dan bentuk yang digunakan dalam penelitian adalah Pre Experimental dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa SMP Mandiri Pontianak sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Sytay Two Stray adalah 42,34 dengan kriteria hasil belajar siswa tergolong kurang dan rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII SMP Mandiri Pontianak sesudah menggu-nakan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray adalah 79,84 dengan kriteria hasil belajar siswa tergolong tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray materi Fungsi Menu dan Ikon Perangkat Lunak Pengolah Kata di kelas VIII SMP Mandiri Pontianak.

Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Fungsi Menu dan Ikon Perangkat Lunak Pengolah Kata, hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-02

How to Cite

Feladi, V. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(1), 126–131. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i1.493