Penyusunan media komik pada materi sistem pertahanan tubuh kelas xi

Authors

  • Ayu Wandira universitas tanjungpura
  • Ruqiah Ganda Putri Panjaitan Universitas Tanjungpura
  • Titin Titin Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5028

Keywords:

Media, Komik, Sistem Pertahanan Tubuh.

Abstract

Pelitian ini tujuannya ialah untuk mengetahui kelayakan komik pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI. Pada metode ini bentuk penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Langkah - langkah penelitian yang dilakukan ialah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk , dan validasi desain. Instrumen dalam penelitian ini ialah lembar validasi media komik. Pada lembar validasi kriteria penilaian dikembangkan dari modifikasi Tawila. Validasi media komik dilakukan oleh 2 orang dosen Pendidikan Biologi FKIP UNTAN, 1 orang dosen Pendidikan Kimia FKIP UNTAN  dan 3 orang guru bidang studi biologi yaitu  SMA 1 Sungai Kakap, SMA 2 Sungai Kakap, dan SMA Mujahidin Pontianak. Hasil validasi Media komik menggunakan rumus Aiken, dengan rata- ratanya 0,84 sehingga kesimpulan dari hasil validasi dapat dikatakan valid atau layak digunakan sebagai media komik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. T. (2015). Merancang Kuisioner: Konsep dan Panduan Untuk Penelitian Sikap, Kepribadian, dan Prilaku. Jakarta: Kencana.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Avriliyanti, H., Sri, B., Jamsuri. (2013). Penerapan Media Komik untuk Pembelajaran Fisika Model Kooperatif dengan Metode Diskusi pada Siswa SMP Negeri 5 Surakarta Kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012 Materi Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1), 156-163.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Citria.

Djmarah, S. B. & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Citra.

Hamdani, M. A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasmika. (2018). Hububngan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Pontianak. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalaui Media Komik untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1). 68-76.

Pramadi, I. P. W. Y., Suastra, I. W., & Candiasa. 2013. Pengaruh Penggunaan Komik Berorientasi Kearifan Lokal Bali Terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep Fisika. E Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPN Vol. 3.

Puspitorini, R. Dkk`. Penggunaan media komik dalam pembelajaran IPA Untuk meningkatkanmotivasi dan hasil belajar kognititf dan afektif. Jurnal Ilmiah Pendidikan. (online). (http//: journal.uny.ac.id, diakses pada tanggal 20 April 2019.).

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A. & Harjito. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Rajawali Press.

Sariyah. (2017). Efektitivitas Penggunaan Media Komik Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Mujahidin Pontianak. Skripsi. Pontianak : Universitas Tanjungpura Pontianak.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, J. S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R. Dan Riyana, C. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Putra.

Wahyuningsih, A. N. (2011). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal PP Vol. 1 (2). (Online). (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise, diakses pada 20 Februari 2019.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Wandira, A., Panjaitan, R. G. P., & Titin, T. (2023). Penyusunan media komik pada materi sistem pertahanan tubuh kelas xi. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 292–300. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5028