Pengembangan media pembelajaran berbasis video interaktif pada SMP Negeri 03 Sungai Kakap

Authors

  • Chandra Lesmana IKIP PGRI Pontianak
  • Danar Santoso IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5111

Keywords:

media, pembelajaran interaktif, video, pengembangan, eddpuzle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan video interaktif di SMP 03 Sungai Kakap, menganalisis daya tarik siswa terhadap media pembelajaran berbasis video interaktif pada SMP 03 Sungai Kakap, dan menganalisis minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis video interaktif pada SMP 03 Sungai Kakap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan desain Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subyek uji coba produk dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian pengembangan adalah hasil dari uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli media diperoleh nilai skor rata-rata kelayakan sebesar 87 dengan kriteria “sangat baikâ€, ahli materi sebesar 85,43 dengan kriteria “sangat layakâ€, dan uji skala kecil dengan skor 85,43 dengan kriteria “sangat layakâ€. Adapun hasil respon siswa dengan Skor 81,1 dengan kriteria “sangat layakâ€.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Chandra Lesmana, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Teknologi Informasi

Danar Santoso, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Teknologi Informasi

References

Afify, M. K. (2020). Effect of interactive video length within e-learning environments on cognitive load, cognitive achievement and retention of learning. Turkish Online Journal of Distance Education, 21(4), 68-89. https://doi.org/10.17718/tojde.803360

Aswirna, P., Sabri, A., & Tusa’diah, H. (2020). Development of interactive module based on trait treatment interaction (TTI) using adobe fash on critical thinking skills of students. International Conference Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 192–203. https://doi.org/10.32698/icftk422

Duda, E., & Dziurzyński, K. (2019). Digital competence learning in secondary adult education in Finland and Poland. International Journal of Pedagogy, Innovation and New Technologies, 6(2), 22–32.

Fuaddunnazmi, M., & Safitri, B. R. A. (2022). Kontribusi faktor media pembelajaran teknologi informasi pada era pengenalan lapangan persekolahan di Kampus UNDIKMA. Empiricism Journal, 3(2), 139-148. https://doi.org/10.36312/ej.v3i2.932

Habuke, F., Hulukati, E., & Pauweni, K. A. Y. (2022). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui media pembelajaran interaktif articulate storyline pada materi peluang. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(1), 103-110. https://doi.org/10.34312/euler.v10i1.14496

Khairunnisa, N. M., Yerizon, Y., Suherman, S., & Arnawa, I. M. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan model missouri mathematics project untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik peserta didik di kelas viii SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 181-203. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13308

Kristiana, V., & Yuliana, Y. (2022). Multimedia as the effective tool for teaching local wisdom to the literature students. International Journal of Research and Review, 9(12), 146–150. https://doi.org/10.52403/ijrr.20221215

Kurnia, U. I., Alfina, A., & Rizki, F. (2023). Rancang bangun media pembelajaran teknologi WAN berbasis android. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 6(1), 40-48. https://doi.org/10.29408/jit.v6i1.7292

Marhaeni, S., Syamsuri, A. S., & Arif, T. A. (2020). Pengaruh penggunaan metode konvensional berbantuan media gambar terhadap kemampuan berbicara siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kota Makassar. Syntax Literate, 5(6), 192–201. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i6.1334

Murtianto, Y. H., Muhtarom, M., & Herlambang, B. A. (2022). Virtual mathematics laboratory based on cognitive load theory. KnE Social Sciences, 654–660. https://doi.org/10.18502/kss.v7i14.12018

Qotrunnada, N. A., & Prahani, B. K. (2023). The effectiveness of using digital books on the problem-solving ability of high school students in physics learning. SAR Journal - Science and Research, 83–88. https://doi.org/10.18421/SAR62-04

Rosi, R. A. U., Riki, C., & Habibie, A. (2021). Perancangan aplikasi kuis interaktif berbasis android sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknologi informasi & komunikasi di kelas X SMA Plus Nurul Ilmi Cibalong. PRODUKTIF : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 397-404. https://doi.org/10.35568/produktif.v5i1.1003

Yusof, F. H. binti M., Bakar, S. Z. S. binti A., Amat, D. W. binti, Othman, D. binti, Sumery, Z. binti, Sarijari, H. binti, & Qomariyah, A. (2021). ESL teaching: Preferences on the use of e-learning apps in maximising effective teaching and learning experiences for open and distance learning (odl). International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(6), 1123–1139.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Lesmana, C., & Santoso, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis video interaktif pada SMP Negeri 03 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 211–224. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5111