Aplikasi untuk marketing mukena handmade berbasis augmented reality
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5396Keywords:
Mukena, Augmented Reality, Media MarketingAbstract
Mukena merupakan salah satu perlengkapan sholat wanita muslim. Seiring dengan adanya perkembangan zaman dan industry fashion yang semakin banyak pilihan model, motif dan fariasinya, maka diperlukan sebuah marketing yang mendukung. Salah satu cara untuk mendukung proses dari media marketing nya yaitu dengan menggunakan aplikasi Augmented Reality. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality, penelitian ini berupaya mendongkrak daya tarik produk mukena perusahaan kepada konsumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan MDLC (Multimedia Development Life Cycle), yang memiliki enam tahapan: (1) Konsep; (2) Desain; (3) Pengumpulan Materi; (4) Implementasi; (5) Pengujian; dan (6) Distribusi. Aplikasi marketing berbasis Augmented Reality ini dirancang dan dikembangkan dengan menggunakan Unity, Vuforia SDK, dan juga Marker Based Tracking. Cara menggunakan dari aplikasi ini yaitu dengan mengarahkan kamera ke arah gambar marker mukena yang telah disediakan dan akan menampilkan visualisasi bentuk objek 3D. Hasil kesimpulan dari penelitian ini yaitu terbentuknya media marketing mukena handmade menggunakan teknologi Augmented Reality.
Downloads
References
Alifah, R., Megawaty, D. A., Najib, M., & Satria, D. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Koleksi Kain Tapis (Study Kasus: Uptd Museum Negeri Provinsi Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 1–7.
Bilqis, S. M., Bross, N., & Haq, B. N. (2020). Perancangan Mukena UKM DW Kreasi Untuk Muslimah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 504–514. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.617
Borman, R. I., & Purwanto, Y. (2019). Impelementasi multimedia development life cycle pada pengembangan game edukasi pengenalan bahaya sampah pada anak. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.26418/jp.v5i2.25997
Fernando, Y., Ahmad, I., Azmi, A., & Borman, R. I. (2021). Penerapan teknologi augmented reality katalog perumahan sebagai media pemasaran pada PT. San Esha Arthamas. Jurnal Sains Komputer Dan Informatika, 5(1), 62–71.
Hidayati, A., & Bibi, S. (2020). Teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran Pontianak Heritage. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1306
Latifah, A., Setiawan, R., & Muharam, A. (2021). Augmented Reality dalam Media Pembelajaran Tata Cara Berwudhu dan Tayamum. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 10(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/janapati.v10i3.40869
Nofa, D. A. P. R., & Dijaya, R. (2023). The application for marketing handmade mukena based on augmented reality: Aplikasi untuk marketing mukena handmade berbasis augmented reality. UMSIDA. https://doi.org/10.21070/ups.715
Rahmawati, D. (2019). Pengembahang pemasaran roduk roti dan pastry dengan bauran pemasaran 4P di Sari Good Bakery. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5024
Riskiono, S. D., Susanto, T., & Kristianto, K. (2020). Rancangan media pembelajaran hewan purbakala menggunakan augmented reality. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/cess.v5i2.18053
Rizal, M., & Rusmin, M. (2018). Pengembangan Aplikasi E-Catalog Augmented Reality Sebagai Media Pemasaran Property. Rizal, Muhammad Rusmin, Muhammad, 8(2), 129–134. https://doi.org/10.35585/inspir.v8i2.2473
Rusliyawati, L. R., Wantoro, A., & Nurmansyah, A. (2020). Penerapan augmented reality (AR) dengan kombinasi teknik marker untuk visualisasi model rumah pada perum pramuka garden residence. Jurnal Teknoinfo, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.654
Salva, S. F. R., & Putri, B. P. S. (2022). Analisis Aktivitas Komunikasi Pemasaran Pada Akun Instagram @honeeystuff_. eProceedings of Management, 9, Article 4. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18324
Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020). Pemanfaatan digital marketing sebagai media pemasaran global untuk meningkatkan penjualan produksi pada home industry. Community Empowerment, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.3514
Yulsilviana, E., Basrie, B., & Saputra, A. W. (2017). Implementasi augmented reality pemasaran rumah PT. Rika bersaudara sakti menggunakan metode marker based tracking pada brosur perumahan. Sebatik, 17(1), 11–15.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dimas Ayu Putri Risky Nofa, Rohman Dijaya, Sumarno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.