Aplikasi untuk marketing mukena handmade berbasis augmented reality

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5396

Keywords:

Mukena, Augmented Reality, Media Marketing

Abstract

Mukena merupakan salah satu perlengkapan sholat wanita muslim. Seiring dengan adanya perkembangan zaman dan industry fashion yang semakin banyak pilihan model, motif dan fariasinya, maka diperlukan sebuah marketing yang mendukung. Salah satu cara untuk mendukung proses dari media marketing nya yaitu dengan menggunakan aplikasi Augmented Reality. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality, penelitian ini berupaya mendongkrak daya tarik produk mukena perusahaan kepada konsumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan MDLC (Multimedia Development Life Cycle), yang memiliki enam tahapan: (1) Konsep; (2) Desain; (3) Pengumpulan Materi; (4) Implementasi; (5) Pengujian; dan (6) Distribusi. Aplikasi marketing berbasis Augmented Reality ini  dirancang dan dikembangkan dengan menggunakan Unity, Vuforia SDK, dan juga Marker Based Tracking. Cara menggunakan dari aplikasi ini yaitu dengan mengarahkan kamera ke arah gambar marker mukena yang telah disediakan dan akan menampilkan visualisasi bentuk objek 3D. Hasil kesimpulan dari penelitian ini yaitu terbentuknya media marketing mukena handmade menggunakan teknologi Augmented Reality.



Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dimas Ayu Putri Risky Nofa, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Rohman Dijaya, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Sumarno Sumarno, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

References

Alifah, R., Megawaty, D. A., Najib, M., & Satria, D. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Koleksi Kain Tapis (Study Kasus: Uptd Museum Negeri Provinsi Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 1–7.

Bilqis, S. M., Bross, N., & Haq, B. N. (2020). Perancangan Mukena UKM DW Kreasi Untuk Muslimah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 504–514. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.617

Borman, R. I., & Purwanto, Y. (2019). Impelementasi multimedia development life cycle pada pengembangan game edukasi pengenalan bahaya sampah pada anak. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.26418/jp.v5i2.25997

Fernando, Y., Ahmad, I., Azmi, A., & Borman, R. I. (2021). Penerapan teknologi augmented reality katalog perumahan sebagai media pemasaran pada PT. San Esha Arthamas. Jurnal Sains Komputer Dan Informatika, 5(1), 62–71.

Hidayati, A., & Bibi, S. (2020). Teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran Pontianak Heritage. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1306

Latifah, A., Setiawan, R., & Muharam, A. (2021). Augmented Reality dalam Media Pembelajaran Tata Cara Berwudhu dan Tayamum. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 10(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/janapati.v10i3.40869

Nofa, D. A. P. R., & Dijaya, R. (2023). The application for marketing handmade mukena based on augmented reality: Aplikasi untuk marketing mukena handmade berbasis augmented reality. UMSIDA. https://doi.org/10.21070/ups.715

Rahmawati, D. (2019). Pengembahang pemasaran roduk roti dan pastry dengan bauran pemasaran 4P di Sari Good Bakery. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.5024

Riskiono, S. D., Susanto, T., & Kristianto, K. (2020). Rancangan media pembelajaran hewan purbakala menggunakan augmented reality. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/cess.v5i2.18053

Rizal, M., & Rusmin, M. (2018). Pengembangan Aplikasi E-Catalog Augmented Reality Sebagai Media Pemasaran Property. Rizal, Muhammad Rusmin, Muhammad, 8(2), 129–134. https://doi.org/10.35585/inspir.v8i2.2473

Rusliyawati, L. R., Wantoro, A., & Nurmansyah, A. (2020). Penerapan augmented reality (AR) dengan kombinasi teknik marker untuk visualisasi model rumah pada perum pramuka garden residence. Jurnal Teknoinfo, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.654

Salva, S. F. R., & Putri, B. P. S. (2022). Analisis Aktivitas Komunikasi Pemasaran Pada Akun Instagram @honeeystuff_. eProceedings of Management, 9, Article 4. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18324

Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020). Pemanfaatan digital marketing sebagai media pemasaran global untuk meningkatkan penjualan produksi pada home industry. Community Empowerment, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.3514

Yulsilviana, E., Basrie, B., & Saputra, A. W. (2017). Implementasi augmented reality pemasaran rumah PT. Rika bersaudara sakti menggunakan metode marker based tracking pada brosur perumahan. Sebatik, 17(1), 11–15.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Nofa, D. A. P. R., Dijaya, R., & Sumarno, S. (2023). Aplikasi untuk marketing mukena handmade berbasis augmented reality. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 136–145. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5396