Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model numbered head together pada materi ekosistem
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5693Keywords:
Hasil Belajar, Numbered Head Together, EkosistemAbstract
Tujuan riset ini ialah mengetahui sejauh mana penerapan pendekatan numbered head together pada topik ekosistem bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Riset ini memanfaatkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Riset dikerjakan selama periode Maret-April 2023 di SMA Negeri 3 Pontianak. Subjek dalam riset ini berjumlah 32 orang yang merupakan peserta didik kelas X IPS 3. Alat yang diperlukan terdiri dari lembar pengamatan untuk memantau pelaksanaan pembelajaran dan soal tes untuk menilai hasil belajar. Teknik yang dimanfaatkan untuk analisis data ialah analisis deskriptif kuantitatif. Tingkat keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh di siklus ke-1 tercatat sebesar 74,40%, yang menunjukkan peningkatan pada siklus ke-2 mencapai 83,92%. Temuan tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang cukup signifikan dari siklus ke-1 yang persentasenya tercatat sebesar 65,62%, hingga siklus ke-2 meningkat menjadi 84,37%. Bukti empiris tersebut mendukung keampuhan implementasi model pembelajaran numbered head together dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem.
Downloads
References
Ansi, C.R. (2021). Penerapan Model Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MIN 23 Aceh Selatan. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri AR-RANIRY, Banda Aceh.
Arikunto. S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bestari, D. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pola-Pola Hereditas pada Manusia Kelas XII MIA 1 SMAN 1 Pantai Cermin. Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(4), 291-301.
Bunaya, V. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di SMA Negeri 2 Lubuklinggau. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains, 2(1), 57-73.
Halhaji, P.N., Idrus, I., & Irawati, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Numbered Head Together Menggunakan Media Puzzle. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 171-179.
Ilyas. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA1 SMA NEGERI 5 Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together). Pinisi Journal of Teacher Professional, 3(3), 367-378.
Kamaluddin, K. (2018). Efektivitas Pembelajaran Fisika Dasar dengan Menggunakan Metode Ekspositori dan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar di Tinjau dari Tingkat Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 13-28.
Kholis, N. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 69- 88.
Kurniasih. (2017). Pengaruh Pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS di SMA Katolik Santo Thomas Aquino. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 1(2), 15 – 35.
Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90.
Mahrun., Awaluddin, R., & Ardiansyah. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Soal Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan, 5(2), 61-72.
Maizarmis, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Materi Metabolisme Peserta Didik di Kelas XII MIPA 2 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14152-14164.
Muriani, A. S. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Genetika dengan Media Kancing Menggunakan Model Numbered Head Together (NHT). Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(1), 13-26.
Panjaitan, R.G.P., Maulidya, M., & Yokhebed. (2022). Kelayakan Media Flash Flipbook pada Submateri Darah. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 11(2), 77-87.
Rijal, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Cognitif Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 14 Ambon. Jurnal Program Pendidikan Biologi, 8(2), 6-16.
Safitri, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga. Jurnal Biology Science and Education, 9(1), 109-117.
Samputri, S., & Irmawaty. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi pada Konsep Makanan dan Sistem Pencernaan Makanan Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Makassar. Jurnal Kromatin, 2(2), 11-21.
Sapitri, F., Ningsih, K., & Titin. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Soal Terbimbing pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup. Jurnal PTK dan Pendidikan, 8(1), 31-39.
Suratni. (2017). Model Pembelajaran NHT (Numbered-Head-Together) Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 3(3), 342-352.
Susilawati, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Kelas XII MIPA di SMA Negeri 7 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 152-159.
Tahu, A. I. T., Sumiyati, S., & Lion, T. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Sistem Gerak pada Manusia Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Amarasi Timur. Jurnal Gatra Nusantara, 19(1), 69-75.
Tara, M.D. 2019. Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik pada Kelas V SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 1(3), 502-510.
Wajdi, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMAN 2 Parepare. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 1-11.
Yani, A., Bachtiar, S., & Rijal M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rumbia. Jurnal Kromatin, 2(2), 46-57.
Yuliani, L. R., Susanti, R., & Bintari S.H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 7(2), 209-215.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Riska Maulidya, Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Ary Kusmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.