Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model numbered head together pada materi ekosistem

Authors

  • Riska Maulidya Universitas Tanjungpura
  • Ruqiah Ganda Putri Panjaitan Universitas Tanjungpura
  • Ary Kusmawati SMA Negeri 3 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5693

Keywords:

Hasil Belajar, Numbered Head Together, Ekosistem

Abstract

Tujuan riset ini ialah mengetahui sejauh mana penerapan pendekatan numbered head together pada topik ekosistem bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Riset ini memanfaatkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Riset dikerjakan selama periode Maret-April 2023 di SMA Negeri 3 Pontianak. Subjek dalam riset ini berjumlah 32 orang yang merupakan peserta didik kelas X IPS 3. Alat yang diperlukan terdiri dari lembar pengamatan untuk memantau pelaksanaan pembelajaran dan soal tes untuk menilai hasil belajar. Teknik yang dimanfaatkan untuk analisis data ialah analisis deskriptif kuantitatif. Tingkat keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh di siklus ke-1 tercatat sebesar 74,40%, yang menunjukkan peningkatan pada siklus ke-2 mencapai 83,92%. Temuan tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang cukup signifikan dari siklus ke-1 yang persentasenya tercatat sebesar 65,62%, hingga siklus ke-2 meningkat menjadi 84,37%. Bukti empiris tersebut mendukung keampuhan implementasi model pembelajaran numbered head together dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansi, C.R. (2021). Penerapan Model Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MIN 23 Aceh Selatan. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri AR-RANIRY, Banda Aceh.

Arikunto. S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bestari, D. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pola-Pola Hereditas pada Manusia Kelas XII MIA 1 SMAN 1 Pantai Cermin. Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(4), 291-301.

Bunaya, V. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di SMA Negeri 2 Lubuklinggau. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains, 2(1), 57-73.

Halhaji, P.N., Idrus, I., & Irawati, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Numbered Head Together Menggunakan Media Puzzle. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4(2), 171-179.

Ilyas. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA1 SMA NEGERI 5 Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together). Pinisi Journal of Teacher Professional, 3(3), 367-378.

Kamaluddin, K. (2018). Efektivitas Pembelajaran Fisika Dasar dengan Menggunakan Metode Ekspositori dan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar di Tinjau dari Tingkat Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 13-28.

Kholis, N. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 69- 88.

Kurniasih. (2017). Pengaruh Pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS di SMA Katolik Santo Thomas Aquino. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 1(2), 15 – 35.

Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90.

Mahrun., Awaluddin, R., & Ardiansyah. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Soal Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan, 5(2), 61-72.

Maizarmis, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Materi Metabolisme Peserta Didik di Kelas XII MIPA 2 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14152-14164.

Muriani, A. S. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Genetika dengan Media Kancing Menggunakan Model Numbered Head Together (NHT). Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(1), 13-26.

Panjaitan, R.G.P., Maulidya, M., & Yokhebed. (2022). Kelayakan Media Flash Flipbook pada Submateri Darah. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 11(2), 77-87.

Rijal, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Cognitif Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 14 Ambon. Jurnal Program Pendidikan Biologi, 8(2), 6-16.

Safitri, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pallangga. Jurnal Biology Science and Education, 9(1), 109-117.

Samputri, S., & Irmawaty. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi pada Konsep Makanan dan Sistem Pencernaan Makanan Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Makassar. Jurnal Kromatin, 2(2), 11-21.

Sapitri, F., Ningsih, K., & Titin. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Soal Terbimbing pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup. Jurnal PTK dan Pendidikan, 8(1), 31-39.

Suratni. (2017). Model Pembelajaran NHT (Numbered-Head-Together) Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 3(3), 342-352.

Susilawati, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Kelas XII MIPA di SMA Negeri 7 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 10(2), 152-159.

Tahu, A. I. T., Sumiyati, S., & Lion, T. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Sistem Gerak pada Manusia Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Amarasi Timur. Jurnal Gatra Nusantara, 19(1), 69-75.

Tara, M.D. 2019. Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik pada Kelas V SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 1(3), 502-510.

Wajdi, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMAN 2 Parepare. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 1-11.

Yani, A., Bachtiar, S., & Rijal M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rumbia. Jurnal Kromatin, 2(2), 46-57.

Yuliani, L. R., Susanti, R., & Bintari S.H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 7(2), 209-215.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Maulidya, R., Panjaitan, R. G. P., & Kusmawati, A. (2023). Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model numbered head together pada materi ekosistem. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 114–122. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5693