Peningkatan keterampilan argumentasi peserta didik melalui metode socratic dialogue submateri perubahan lingkungan kelas X SMAN 5 Pontianak

Authors

  • Anggi Dwi Pratiwi Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Eko Sri Wahyuni Universitas Tanjungpura
  • Dodi Juniardi SMA Negeri 5 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i2.5826

Keywords:

keterampilan Argumentasi, metode Socratic dialogue, Perubahan lingkungan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik melalui metode Socratic dialogue pada sub materi perubahan lingkungan kelas X di SMAN 5 Pontianak. Rancangan penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian yakni peserta didik kelas X IPA 4 dengan jumlah 34 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran serta soal tes keterampilan argumentasi. Teknik analisis data digunakan yaitu Teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini pada metode Socratic dialogue memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan argumentasi pada sub materi perubahan lingkungan. Hal ini terbukti dengan hasil persentase siklus 1 sebesar 73 % dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89% dari keseluruhan aspek keterampilan argumentasi, Serta level keterampilan argumentasi mengalami peningkatan dari siklus I yang dominan level 3 dan mengalami peningkatan di siklus II yang dominan pada level 4. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Socratic dialogue dapat meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik pada sub materi perubahan lingkungan kelas X SMAN 5 Pontianak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acim, R. (2018). The socratic method of instruction: An experience with a reading comprehension course. Journal of Educational Research and Practice, 8(1), 4. DOI: 10.5590/JERAP.2018.

Arikunto. S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bathgate, M., Crowell, A., Schunn, C., & Dorph, R. (2015). International Journal of Science The Learning Benefits of Being Willing and Able to Engage in Scientific Argumentation. May, 37–41. DOI: 10.1080/09500693.2015.

Cetin, P. S. (2017). Explicit argumentation instruction to facilitate conceptual understanding and argumentation. Research in Science & Technological Education, December, 0. DOI: 10.1080/02635143.2013.

Copeland, M. (2005). Socratic circles. Stenhouse Publishers.

Delic, H., & Becirovic, S. (2016). Socratic method as an approach to teaching. House Researcher Published in the Russian Federation European Researcher. European Researcher. 111(10), 511-51. DOI: 10.13187/er.2016.111.511.

Erduran, S., Simon, S., & Osborne, J. (2003). TAPping into argumentation: Developments in the application of toulmin’ s argument pattern for studying science discourse theoretical background to argumentation. Paper in Press by Science Education, 1–25.

Fatmawati, D., R, Harlita, & Ramli, M. (2018). Meningkatkan keterampilan argumentasi siswa melalui action research dengan fokus tindakan think pair share. Proceeding Biology Education Conference. 15(1), 253-259.

Grooms J A 2011 Using argument-driven inquiry to enhance students argument sophistication when supporting a stance in the context of socioscientific issues dissertation (Tallahassee: The Florida State University College of Education).

Hariatik, & Suciati, S. (2016). Pembelajaran biologi model problem based learning (PBL) disertai dialog socrates (Ds) terhadap hasil belajar. Pendidikan Biologi, 8(2), 45–51.

Hendri, Silviana dan Defianti, A. (2017). Review: Membentuk keterampilan argumentasi siswa melalui isu sosial review: Membentuk keterampilan argumentasi siswa melalui isu sosial ilmiah dalam pembelajaran sains. ISBN: 978-602-19655-8-0, June 2015, 546–548.

Husenti, N., & Mahdiyya, I., P. Analisis kesalahan materi logika dengan metode newman pada mahasiswa program studi teknik informatika UMG. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. 11(2), 88-101.

Knezic, D., Wubbels, T., Elbers, E., & Hajer, M. (2010). The socratic dialogue and teacher education. Teaching and Teacher Education, 26(4), 1104–1111. DOI: 10.1016/j.tate.2009.11.006.

Mahanal, S. (2019). Asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e- Saintika, 3(2), 51- 73.

Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa smpit assyifa boarding school Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi, 10(2), 103–114

Osborne, J. (2010). Arguing to learn in science: the role of collaborative, critical discourse. Science, 328(5977), 463–466.

Pangestika, I., W. Ramli, M., Nurmiyati, & Sapartiwi. (2017). Hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA melalui penerapan dialog socrates. Proceeding Biology Education Conference. 14(1), 305-310.

Peterson, E. (2009). Teaching to think: Applying The Socratic Method Outside The Law School Setting, 6(5), 83–88.

Pertiwi, B., R. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui metode socrates.

Pratiwi, A., D, Afandi, Wahyuni, E.,S, & Mahisa, R., D., P. (2023). Analysis of argumentation skills in biology learning. AIP Conference Proceedings. European Researcher DOI:10.1063/5.0105733.

Probosari, R. M., Ramli, M., Harlita, H., Indrawati, M., & Sajidan, S. (2016). Profil keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa pendidikan biologi FKIP UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Bio Edukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 29. D0I: 10.20961/bioedukasi-unsv9i1.3880.

Putra, K., R., A. (2013). Penerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi melalui metode dialogue socrates untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 1(1). DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.276

Sumarni S, Bimo Budi Santoso, A. R. S. (2017). Model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di SMA (Studi Pada Pokok Bahasan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan) The effect of guided inquiry learning model to the cognitive achievement of students in SMA Negeri 01 ManokwarI. Jurnal Nalar Pendidikan, 5, 21–30.

Toulmin, S. E. (2003). The uses of argument, Updated Edition.

Widoyoko, Eko Putro S. (2009). Evaluasi program pembelajaran (panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Pratiwi, A. D., Wahyuni, E. S., & Juniardi, D. (2023). Peningkatan keterampilan argumentasi peserta didik melalui metode socratic dialogue submateri perubahan lingkungan kelas X SMAN 5 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(2), 340–348. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i2.5826