Eksplorisari monumen bersejarah melalui augmented reality di Kabupaten Lamongan

Authors

  • Eko Fahmi Rosyada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ika Ratna Indra Astutik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Cindy Taurusta Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5883

Keywords:

Monumen, Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle (MDLC).

Abstract

Kabupaten Lamongan memiliki warisan budaya dan sejarah yang kaya, dan AR menjadi alat yang efektif untuk menghidupkan kembali nilai-nilai sejarah tersebut. AR dapat memainkan peran penting dalam menghubungkan masa lalu dengan masa kini. Penelitian ini bertujuan membuat sebuah sistem aplikasi Augmented Reality yang bisa menvisualisasikan monumen – monumen bersejarah yang ada di Kabupaten Lamongan. Metode yang di gunakan untuk perancangan aplikasi adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle), dan untuk tools yang digunakan dalam perancangan diantaranya unity, vuforia, dan blender. Untuk desain antarmuka  menggunankan figma dan untuk marker menggunakan coreldraw. Aplikasi ini mengunakan cross – platform yaitu trilib  untuk bisa memunculkan objek 3 dimensi tanpa menggunakan marker dengan memasukkan  file objek 3 dimensi. Pengujian yang dilakukan melalui dua tahap yaitu pengujian fungsional, sistem yang telah dibangun diuji menggunakan metode blackbox dengan hasil semua tombol yang ada pada aplikasi berjalan dengan baik. Kemudian pengujian selanjutnya menggunakan pengujian kompatibilitas software dengan melakukan pengujian terhadap perangkat yang berbeda dengan hasil aplikasi dapat berjalan dengan lancar pada versi android yang berbeda. Dari hasil penelitian ini aplikasi dapat menjadi inovasi untuk mengenalkan dan memberikan edukasi terhadap masyarakat akan pentingnya menjaga menjaga monumen bersejarah. Maka dari itu sangat diperlukan teknologi Augmented Reality yang dapat menjadi alat yang kuat dalam melestarikan dan memperkaya warisan budaya, serta meningkatkan pengalaman pengunjung dalam menjelajahi monumen bersejarah dengan cara yang inovatif dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama, P. W., Nyoman Widhi Adnyana, I., & Ayu Ariningsih, K. (2021). Augmented Reality Dalam Multimedia Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 176–182.

AGUS, PAREZA ALAM, & IBNU SANI. (2019). Deteksi Pengenalan Bangunan Sejarah Kota Jambi Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Processor, 14(2), 87–93. https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.606

Apung, H. R. (2020). Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. 9(1), 46–58. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.

Ardiansyah, I. O., & Widuatie, R. E. (2020). Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di Kabupaten Lamongan Tahun 1948-1949. Historia, 3(1), 266–288.

Danang Septiawan, I., & Taurusta, C. (2021). Application of Augmented Reality for Gypsum Marketing Using Vuforia, Sketchup and Unity 3D. Procedia of Engineering and Life Science, 1(2).

Dikananda, A. R., Nurdiawan, O., & Subandi, H. (2022). Augmented Reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 6(2), 135–141. https://doi.org/10.54367/means.v6i2.1512

Fayiz, M., Hilmy, N., Darusalam, U., & ... (2020). Augmented Reality sebagai Media Edukasi Sejarah Bangunan Peninggalan Kesultanan Utsmaniyah menggunakan Metode Marker Based Tracking dan Algoritma Fast Corner Detection. … . Inf. Dan Komunikasi).

Firdanu, R., Achmadi, S., & Adi Wibowo, S. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 276–282. https://doi.org/10.36040/jati.v4i2.2657

Firdaus, Y. H., Jaenudin, J., & Fajri, H. (2020). ( JUSS ) Jurnal Sains dan Sistem Informasi PENGENALAN OBJEK MUSEUM DAN MONUMEN PETA MENGGUNAKAN ( JUSS ) Jurnal Sains dan Sistem Informasi E-ISSN 2614-8277. 3(2), 1–16.

Lesmana, M. A., Astuti, I. F., & Septiarini, A. (2021). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Pesawat Udara Berbasis Android. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(2), 71. https://doi.org/10.30872/jim.v16i2.3744

Lontoh, E. J., Kainde, Q. C., & Komansilan, T. (2022). Augmented Reality pada Objek Sejarah Berbasis Android Menggunakan Teknik Markerless. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 113–121. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3414

Ningsih, M. F., Dijaya, R., Informatika, P. S., Sains, F., Teknologi, D., & Sidoarjo, U. M. (2022). Buku Saku Digital Untuk Rumah Adat Berbasis Augmented Reality. 76–81.

Oktaviani, I., Tursina, T., & Sukamto, A. S. (2019). Penerapan Augmented Reality pada Sistem Operasi Android untuk Pengenalan Hewan Mamalia. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 7(2), 75. https://doi.org/10.26418/justin.v7i2.27712

Prasetyo, P., & Meizar, A. (2020). Perancangan Aplikasi Surah Al-Fatihah Augmented Reality Android Dengan Metode Marker Based Tracking. Jurnal Mahasiswa Fakultas …, 1125–1132.

Purba, T. O., Mukhtar, H., & Fatma, Y. (2019). Pengenalan Monumen-Monumen Bersejarah Di Kota Pekanbaru Menggunakan Augmented Reality ( AR ) Berbasis Android. Proseding SemNas CTiA, 1(1), 1–4.

Putra, P. B. A. A. (2020). Implementasi Augmented Reality Pada Media Promosi Penjualan Rumah. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 142–149. https://doi.org/10.47111/jti.v14i2.1163

Putra, Y. W. S., & Kurniawan, A. (2022). Implementasi Augmented Reality pada Produk Laptop sebagai Media Promosi Berbasis Android. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka …, 6(2), 14–21.

Putri, N. D., Anra, H., & Perwitasari, A. (2019). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Barang Sejarah pada Istana Kadriah Kota Pontianak. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 7(1), 7. https://doi.org/10.26418/justin.v7i1.27185

Rida Alifah, Dyah Ayu Megawaty, & Muhammad Najib Dwi Satria. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Koleksi Kain Tapis (Study Kasus: Uptd Museum Negeri Provinsi Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 1–7.

Riskiono, S. D., Susanto, T., & Kristianto, K. (2020). Augmented reality sebagai Media Pembelajaran Hewan Purbakala. Krea-TIF, 8(1), 8. https://doi.org/10.32832/kreatif.v8i1.3369

Rosandy, T., -, H., & Zaini, T. (2019). Augmented Reality Wisata Monumen Bersejarah Lampung Berbasis Mobile. Jurnal Informatika, 19(1), 31–35. https://doi.org/10.30873/ji.v19i1.1445

Samsiyah, N., & Hanif, M. (2022). Edukasi Wisata bagi Pengunjung Monumen Kresek di Tengah Pandemi COVID-19 Melalui Sosialisasi Partisipatif. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 807–814. https://doi.org/10.54082/jamsi.321

Tafakkur, B. O., Puji, L., Kharisma, I., & Rizal, A. A. (2023). JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pada Lesehan Kalisari Dengan Metode Based Marker Tracker. 5(1), 10–21.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Rosyada, E. F., Astutik, I. R. I., & Taurusta, C. (2023). Eksplorisari monumen bersejarah melalui augmented reality di Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 154–164. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5883