Eksplorisari monumen bersejarah melalui augmented reality di Kabupaten Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5883Keywords:
Monumen, Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle (MDLC).Abstract
Kabupaten Lamongan memiliki warisan budaya dan sejarah yang kaya, dan AR menjadi alat yang efektif untuk menghidupkan kembali nilai-nilai sejarah tersebut. AR dapat memainkan peran penting dalam menghubungkan masa lalu dengan masa kini. Penelitian ini bertujuan membuat sebuah sistem aplikasi Augmented Reality yang bisa menvisualisasikan monumen – monumen bersejarah yang ada di Kabupaten Lamongan. Metode yang di gunakan untuk perancangan aplikasi adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle), dan untuk tools yang digunakan dalam perancangan diantaranya unity, vuforia, dan blender. Untuk desain antarmuka menggunankan figma dan untuk marker menggunakan coreldraw. Aplikasi ini mengunakan cross – platform yaitu trilib untuk bisa memunculkan objek 3 dimensi tanpa menggunakan marker dengan memasukkan file objek 3 dimensi. Pengujian yang dilakukan melalui dua tahap yaitu pengujian fungsional, sistem yang telah dibangun diuji menggunakan metode blackbox dengan hasil semua tombol yang ada pada aplikasi berjalan dengan baik. Kemudian pengujian selanjutnya menggunakan pengujian kompatibilitas software dengan melakukan pengujian terhadap perangkat yang berbeda dengan hasil aplikasi dapat berjalan dengan lancar pada versi android yang berbeda. Dari hasil penelitian ini aplikasi dapat menjadi inovasi untuk mengenalkan dan memberikan edukasi terhadap masyarakat akan pentingnya menjaga menjaga monumen bersejarah. Maka dari itu sangat diperlukan teknologi Augmented Reality yang dapat menjadi alat yang kuat dalam melestarikan dan memperkaya warisan budaya, serta meningkatkan pengalaman pengunjung dalam menjelajahi monumen bersejarah dengan cara yang inovatif dan menarik.
Downloads
References
Aditama, P. W., Nyoman Widhi Adnyana, I., & Ayu Ariningsih, K. (2021). Augmented Reality Dalam Multimedia Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 176–182.
AGUS, PAREZA ALAM, & IBNU SANI. (2019). Deteksi Pengenalan Bangunan Sejarah Kota Jambi Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Processor, 14(2), 87–93. https://doi.org/10.33998/processor.2019.14.2.606
Apung, H. R. (2020). Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. 9(1), 46–58. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.
Ardiansyah, I. O., & Widuatie, R. E. (2020). Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di Kabupaten Lamongan Tahun 1948-1949. Historia, 3(1), 266–288.
Danang Septiawan, I., & Taurusta, C. (2021). Application of Augmented Reality for Gypsum Marketing Using Vuforia, Sketchup and Unity 3D. Procedia of Engineering and Life Science, 1(2).
Dikananda, A. R., Nurdiawan, O., & Subandi, H. (2022). Augmented Reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 6(2), 135–141. https://doi.org/10.54367/means.v6i2.1512
Fayiz, M., Hilmy, N., Darusalam, U., & ... (2020). Augmented Reality sebagai Media Edukasi Sejarah Bangunan Peninggalan Kesultanan Utsmaniyah menggunakan Metode Marker Based Tracking dan Algoritma Fast Corner Detection. … . Inf. Dan Komunikasi).
Firdanu, R., Achmadi, S., & Adi Wibowo, S. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 276–282. https://doi.org/10.36040/jati.v4i2.2657
Firdaus, Y. H., Jaenudin, J., & Fajri, H. (2020). ( JUSS ) Jurnal Sains dan Sistem Informasi PENGENALAN OBJEK MUSEUM DAN MONUMEN PETA MENGGUNAKAN ( JUSS ) Jurnal Sains dan Sistem Informasi E-ISSN 2614-8277. 3(2), 1–16.
Lesmana, M. A., Astuti, I. F., & Septiarini, A. (2021). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Pesawat Udara Berbasis Android. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(2), 71. https://doi.org/10.30872/jim.v16i2.3744
Lontoh, E. J., Kainde, Q. C., & Komansilan, T. (2022). Augmented Reality pada Objek Sejarah Berbasis Android Menggunakan Teknik Markerless. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 113–121. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3414
Ningsih, M. F., Dijaya, R., Informatika, P. S., Sains, F., Teknologi, D., & Sidoarjo, U. M. (2022). Buku Saku Digital Untuk Rumah Adat Berbasis Augmented Reality. 76–81.
Oktaviani, I., Tursina, T., & Sukamto, A. S. (2019). Penerapan Augmented Reality pada Sistem Operasi Android untuk Pengenalan Hewan Mamalia. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 7(2), 75. https://doi.org/10.26418/justin.v7i2.27712
Prasetyo, P., & Meizar, A. (2020). Perancangan Aplikasi Surah Al-Fatihah Augmented Reality Android Dengan Metode Marker Based Tracking. Jurnal Mahasiswa Fakultas …, 1125–1132.
Purba, T. O., Mukhtar, H., & Fatma, Y. (2019). Pengenalan Monumen-Monumen Bersejarah Di Kota Pekanbaru Menggunakan Augmented Reality ( AR ) Berbasis Android. Proseding SemNas CTiA, 1(1), 1–4.
Putra, P. B. A. A. (2020). Implementasi Augmented Reality Pada Media Promosi Penjualan Rumah. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 14(2), 142–149. https://doi.org/10.47111/jti.v14i2.1163
Putra, Y. W. S., & Kurniawan, A. (2022). Implementasi Augmented Reality pada Produk Laptop sebagai Media Promosi Berbasis Android. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka …, 6(2), 14–21.
Putri, N. D., Anra, H., & Perwitasari, A. (2019). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Barang Sejarah pada Istana Kadriah Kota Pontianak. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 7(1), 7. https://doi.org/10.26418/justin.v7i1.27185
Rida Alifah, Dyah Ayu Megawaty, & Muhammad Najib Dwi Satria. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Koleksi Kain Tapis (Study Kasus: Uptd Museum Negeri Provinsi Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 1–7.
Riskiono, S. D., Susanto, T., & Kristianto, K. (2020). Augmented reality sebagai Media Pembelajaran Hewan Purbakala. Krea-TIF, 8(1), 8. https://doi.org/10.32832/kreatif.v8i1.3369
Rosandy, T., -, H., & Zaini, T. (2019). Augmented Reality Wisata Monumen Bersejarah Lampung Berbasis Mobile. Jurnal Informatika, 19(1), 31–35. https://doi.org/10.30873/ji.v19i1.1445
Samsiyah, N., & Hanif, M. (2022). Edukasi Wisata bagi Pengunjung Monumen Kresek di Tengah Pandemi COVID-19 Melalui Sosialisasi Partisipatif. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 807–814. https://doi.org/10.54082/jamsi.321
Tafakkur, B. O., Puji, L., Kharisma, I., & Rizal, A. A. (2023). JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pada Lesehan Kalisari Dengan Metode Based Marker Tracker. 5(1), 10–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eko Fahmi Rosyada, Ika Ratna Indra Astutik, Cindy Taurusta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.