Pengenalan area spot wisata jakarta berbasis augmented reality

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5985

Keywords:

Augmented Reality, Jakarta, Tour

Abstract

Ada banyak tempat wisata  menarik di Jakarta. Namun, alat promosi  informasi wisata di jejaring sosial kurang menarik dan kurang dapat membantu wisatawan untuk datang berkunjung. Maka dari itu diperlukan sebuah teknologi baru yang lebih unggul sebagai daya tarik wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan teknologi augmented reality sebagai alat promosi tempat wisata di Jakarta agar lebih menarik dan interaktif. Dengan adanya teknologi AR wisatawan dapat melihat objek wisata secara virtual dalam bentuk visualisasi 3D. Dengan menggunakan teknologi AR dapat meningkatkan keinginan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Jakarta. Penggunaan teknologi AR pada penelitian ini menggunakan metode marker based tracking. Penelitian ini telah melakukan pengujian blackbox sehingga aplikasi ini dapat dijalankan dengan baik. Hasil penelitian ini berupa aplikasi pengenalan area spot wisata di Jakarta yang diharapkan dapat mempromosikan tempat wisata yang ada di Jakarta secara menarik kepada pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Shafa Hayu Apsari, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Cindy Taurusta, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Informatika, Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Suprianto Suprianto, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Informatika, Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

References

Dharmawan, A. B., & Lubis, C. (2017). Perancangan Website Promosi Parawisata Indonesia. 31–36.

Dianrizkita, Y., Seruni, H., & Agung, H. (2018). Analisa Perbandingan Metode Marker Based Dan Markless Augmented Reality Pada Bangun Ruang. Jurnal Simantec, 6(3), 121–128.

Ernawati, R. S., Hidayat, E. W., & Rahmatulloh, A. (2017). Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Aksara Sunda Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 3(3), 512–523. Https://Doi.Org/10.28932/Jutisi.V3i3.671

Fathoni, K. (2016). Aplikasi Panduan Tempat Wisata Di Kediri Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality Berbasis Mobile. E-Narodroid, 2(2). Https://Doi.Org/10.31090/Narodroid.V2i2.208

Firdaus, Y. H., Jaenudin, J., & Fajri, H. (2020). ( Juss ) Jurnal Sains Dan Sistem Informasi Pengenalan Objek Museum Dan Monumen Peta Menggunakan ( Juss ) Jurnal Sains Dan Sistem Informasi E-Issn 2614-8277. 3(2), 1–16.

Fransiska, E. D., Akhriza, T. M., & Primandari, L. A. (2017). Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Informatif Dan Interaktif Untuk Pengenalan Hewan. Seminar Nasional Sistem Informasi, September, 636–645. Https://Www.Jurnalfti.Unmer.Ac.Id/Index.Php/Senasif/Article/Download/82/67

Laswi, A. S., & A, A. (2018). Implementasi Augmented Reality Pada Museum Batara Guru Kompleks Istana Langkanae Luwu. Ilkom Jurnal Ilmiah, 10(2), 144–151. Https://Doi.Org/10.33096/Ilkom.V10i2.294.144-151

Nurrisma, N., Munadi, R., Syahrial, S., & Meutia, E. D. (2021). Perancangan Augmented Reality Dengan Metode Marker Card Detection Dalam Pengenalan Karakter Korea. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(1), 34. Https://Doi.Org/10.30872/Jim.V16i1.5152

Oleh, D., & Teknik Jurusan, F. (2012). Pada Olahraga Atletik Menggunakan Software Blender.

Putra, A. S. (2019). Smart City: Konsep Kota Pintar Di Dki Jakarta. Tekinfo, 20(2), 73–79. Https://Journals.Upi-Yai.Ac.Id/Index.Php/Tekinfo/Article/Download/1168/953

Riadi, A. S., Anton, A., & Radiyah, U. (2018). Aplikasi Pengenalan Objek Wisata Sejarah Kota Tua Jakarta Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknika, 10(2), 1035. Https://Doi.Org/10.30736/Teknika.V10i2.240

Rita Irviani & Sri Ningsih. (2014). Pengembangan Sistem Informasi Apotek Berbasis Website Pada Apotek Ar-Roz Farma 4 Kedondong Rita. Tam(Technology Acceptance Model), 3(1), 40–47.

Ryantana Nur Widodo. (2017). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Tempat Wisata Yang Interaktif. Simki-Techsin, 01(01), 1–7.

Saifudin, A., Mulyati, S., Sidi, R. G., & Tanjung, R. F. (2022). 3hqjxmldq % Odfn % R [ Sdgd $ Solndvl 3hqmxdodq 7rnr % Xqjd 3hodqjl % Huedvlv : He. 7(1), 138–144.

Sari, Y. R., & Nurmiati, E. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan Pieces Framework (Studi Kasus : Prodi Sistem Informasi Uin Jakarta ). Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi, 5(2), 1–6.

Tahyudin, I., Fitriyani, N. A., Dewiyanti, N., Amin, M. S., Firdaus, M. Y., & Utama, F. P. N. (2015). Inovasi Promosi Obyek Wisata Menggunakan Teknologi Augmented Teality (Ar) Melalui Layar Berbasis Android. Jurnal Telematika, 8(1), 1–13.

Toding, M. T. (2020). Rancang Bangun Media Promosi Pengenalan Objek Wisata Tana Toraja Berbasis Web Mobile.

Uminingsih, Nur Ichsanudin, M., Yusuf, M., & Suraya, S. (2022). Pengujian Fungsional Perangkat Lunak Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Metode Black Box Testing Bagi Pemula. Storage: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(2), 1–8. Https://Doi.Org/10.55123/Storage.V1i2.270

Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality ( Ar ). Jurnal Teknologi, 8(2), 104–111. Https://Ejournal.Akprind.Ac.Id/Index.Php/Jurtek/Article/View/1119

Wardijono, B. A., Hendajani, F., Sudiro, S. A., & Ramadhani, A. I. (2015). Pengembangan Model Grafik 3 Dimensi Monumen Nasional Dan Lingkungan Sekitarnya Dengan Teknologi Virtual Reality Berbasis Web. November.

Wicaksono, M., Kharisma, A. P., & Fanani, L. (2019). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Berbasis Android Untuk Survei Kepuasan Masyarakat Dengan Metode Mobile-D ( Studi Kasus : Rsud Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2312–2319. Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id/Index.Php/J-Ptiik/Article/Download/4711/2169/

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Apsari, S. H., Taurusta, C., & Suprianto, S. (2023). Pengenalan area spot wisata jakarta berbasis augmented reality. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 101–113. https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5985