Pengenalan area spot wisata jakarta berbasis augmented reality
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v12i1.5985Keywords:
Augmented Reality, Jakarta, TourAbstract
Ada banyak tempat wisata menarik di Jakarta. Namun, alat promosi informasi wisata di jejaring sosial kurang menarik dan kurang dapat membantu wisatawan untuk datang berkunjung. Maka dari itu diperlukan sebuah teknologi baru yang lebih unggul sebagai daya tarik wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan teknologi augmented reality sebagai alat promosi tempat wisata di Jakarta agar lebih menarik dan interaktif. Dengan adanya teknologi AR wisatawan dapat melihat objek wisata secara virtual dalam bentuk visualisasi 3D. Dengan menggunakan teknologi AR dapat meningkatkan keinginan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Jakarta. Penggunaan teknologi AR pada penelitian ini menggunakan metode marker based tracking. Penelitian ini telah melakukan pengujian blackbox sehingga aplikasi ini dapat dijalankan dengan baik. Hasil penelitian ini berupa aplikasi pengenalan area spot wisata di Jakarta yang diharapkan dapat mempromosikan tempat wisata yang ada di Jakarta secara menarik kepada pengguna.
Downloads
References
Dharmawan, A. B., & Lubis, C. (2017). Perancangan Website Promosi Parawisata Indonesia. 31–36.
Dianrizkita, Y., Seruni, H., & Agung, H. (2018). Analisa Perbandingan Metode Marker Based Dan Markless Augmented Reality Pada Bangun Ruang. Jurnal Simantec, 6(3), 121–128.
Ernawati, R. S., Hidayat, E. W., & Rahmatulloh, A. (2017). Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Aksara Sunda Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 3(3), 512–523. Https://Doi.Org/10.28932/Jutisi.V3i3.671
Fathoni, K. (2016). Aplikasi Panduan Tempat Wisata Di Kediri Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality Berbasis Mobile. E-Narodroid, 2(2). Https://Doi.Org/10.31090/Narodroid.V2i2.208
Firdaus, Y. H., Jaenudin, J., & Fajri, H. (2020). ( Juss ) Jurnal Sains Dan Sistem Informasi Pengenalan Objek Museum Dan Monumen Peta Menggunakan ( Juss ) Jurnal Sains Dan Sistem Informasi E-Issn 2614-8277. 3(2), 1–16.
Fransiska, E. D., Akhriza, T. M., & Primandari, L. A. (2017). Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Informatif Dan Interaktif Untuk Pengenalan Hewan. Seminar Nasional Sistem Informasi, September, 636–645. Https://Www.Jurnalfti.Unmer.Ac.Id/Index.Php/Senasif/Article/Download/82/67
Laswi, A. S., & A, A. (2018). Implementasi Augmented Reality Pada Museum Batara Guru Kompleks Istana Langkanae Luwu. Ilkom Jurnal Ilmiah, 10(2), 144–151. Https://Doi.Org/10.33096/Ilkom.V10i2.294.144-151
Nurrisma, N., Munadi, R., Syahrial, S., & Meutia, E. D. (2021). Perancangan Augmented Reality Dengan Metode Marker Card Detection Dalam Pengenalan Karakter Korea. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(1), 34. Https://Doi.Org/10.30872/Jim.V16i1.5152
Oleh, D., & Teknik Jurusan, F. (2012). Pada Olahraga Atletik Menggunakan Software Blender.
Putra, A. S. (2019). Smart City: Konsep Kota Pintar Di Dki Jakarta. Tekinfo, 20(2), 73–79. Https://Journals.Upi-Yai.Ac.Id/Index.Php/Tekinfo/Article/Download/1168/953
Riadi, A. S., Anton, A., & Radiyah, U. (2018). Aplikasi Pengenalan Objek Wisata Sejarah Kota Tua Jakarta Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknika, 10(2), 1035. Https://Doi.Org/10.30736/Teknika.V10i2.240
Rita Irviani & Sri Ningsih. (2014). Pengembangan Sistem Informasi Apotek Berbasis Website Pada Apotek Ar-Roz Farma 4 Kedondong Rita. Tam(Technology Acceptance Model), 3(1), 40–47.
Ryantana Nur Widodo. (2017). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Tempat Wisata Yang Interaktif. Simki-Techsin, 01(01), 1–7.
Saifudin, A., Mulyati, S., Sidi, R. G., & Tanjung, R. F. (2022). 3hqjxmldq % Odfn % R [ Sdgd $ Solndvl 3hqmxdodq 7rnr % Xqjd 3hodqjl % Huedvlv : He. 7(1), 138–144.
Sari, Y. R., & Nurmiati, E. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan Pieces Framework (Studi Kasus : Prodi Sistem Informasi Uin Jakarta ). Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi, 5(2), 1–6.
Tahyudin, I., Fitriyani, N. A., Dewiyanti, N., Amin, M. S., Firdaus, M. Y., & Utama, F. P. N. (2015). Inovasi Promosi Obyek Wisata Menggunakan Teknologi Augmented Teality (Ar) Melalui Layar Berbasis Android. Jurnal Telematika, 8(1), 1–13.
Toding, M. T. (2020). Rancang Bangun Media Promosi Pengenalan Objek Wisata Tana Toraja Berbasis Web Mobile.
Uminingsih, Nur Ichsanudin, M., Yusuf, M., & Suraya, S. (2022). Pengujian Fungsional Perangkat Lunak Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Metode Black Box Testing Bagi Pemula. Storage: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(2), 1–8. Https://Doi.Org/10.55123/Storage.V1i2.270
Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality ( Ar ). Jurnal Teknologi, 8(2), 104–111. Https://Ejournal.Akprind.Ac.Id/Index.Php/Jurtek/Article/View/1119
Wardijono, B. A., Hendajani, F., Sudiro, S. A., & Ramadhani, A. I. (2015). Pengembangan Model Grafik 3 Dimensi Monumen Nasional Dan Lingkungan Sekitarnya Dengan Teknologi Virtual Reality Berbasis Web. November.
Wicaksono, M., Kharisma, A. P., & Fanani, L. (2019). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Berbasis Android Untuk Survei Kepuasan Masyarakat Dengan Metode Mobile-D ( Studi Kasus : Rsud Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2312–2319. Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id/Index.Php/J-Ptiik/Article/Download/4711/2169/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Shafa Hayu Apsari, Cindy Taurusta, Suprianto Suprianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.