PENGARUH PENGALAMAN PRAKERIN, HASIL BELAJAR PRODUKTIF DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK

Authors

  • Isnania Lestari, Budi Tri Siswanto Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer IKIP PGRI Pontinak Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v4i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kesiapan kerja siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Ciamis dan (2) hubungan dan pengaruh pengalaman prakerin, hasil belajar mata diklat produktif, dan dukungan sosial keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMKN 2 Ciamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto, dengan desain penelitian korelasional. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kesiapan kerja siswa SMKN 2 Ciamis sebesar 36,65% pada kategori sangat tinggi dan 63,35% pada kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengalaman prakerin, hasil belajar mata diklat produktif, dan dukungan sosial keluarga terhadap kesiapan kerja siswa dengan koefisien determinasi sebesar 32,7%. Hal ini menunjukkan bahwa pengalaman prakerin, hasil belajar mata diklat produktif dan dukungan sosial keluarga secara bersama-sama mampu menjelaskan perubahan kesiapan kerja siswa SMKN 2 Ciamis sebesar 32,7%.

 

Kata kunci: Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar Produktif, Dukungan Sosial,

 Kesiapan Kerja Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-02-25

How to Cite

Budi Tri Siswanto, I. L. (2016). PENGARUH PENGALAMAN PRAKERIN, HASIL BELAJAR PRODUKTIF DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1). https://doi.org/10.31571/saintek.v4i1.6