PENYEDIAAN BAHAN BACAAN BERUPA BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 MONTERADO

Authors

  • Eka Trisianawati Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak, Jln. Ampera No.88 Pontianak
  • Tomo Djudin Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Tanjungpura Pontianak, Jln. Prof. Dr. Hadari Nawawi Pontianak
  • Thomas Katihada Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak, Jln. Ampera No.88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v6i2.646

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyediaan bahan bacaan berupa buku saku terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor di kelas VII SMP Negeri 5 Monterado. Bentuk penelitian yaitu kuasi eksperimen, dengan rancangan non equivalen pre-test post-test control group design. Tahapan penelitian meliputi: (1) Tahap observasi dan wawancara, yaitu mengobservasi tempat penelitian dan mewawancara guru mata pelajaran IPA; (2) Perencanaan, yaitu menyusun desain penelitian berdasarkan masalah yang ditemukan ditempat penelitian; (3) Validasi, yaitu penyusunan buku saku dan validasi buku saku serta validasi instrumen penelitian; (4) Penerapan, yaitu pemberian pre-test kemudian dilakukan penerapan pembelajaran berbantuan buku saku; dan (5) Evaluasi, yaitu pemberian post-test. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu teknik pengukuran, dengan alat pengumpul data berupa instrumen tes. Berdasarkan hasil validasi, buku saku layak digunakan dalam pembelajaran dan hasil penelitian menunjukkan penggunaan buku saku berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor.

 

Kata Kunci: buku saku, hasil belajar, kalor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-26

How to Cite

Trisianawati, E., Djudin, T., & Katihada, T. (2017). PENYEDIAAN BAHAN BACAAN BERUPA BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 MONTERADO. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 219–229. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i2.646