KONTRIBUSI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA

Authors

  • Ira Nofita Sari Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak Jln. Ampera No.88 Pontianak
  • Idham Azwar Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak Jln. Ampera No.88 Pontianak
  • Riska Riska Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak Jln. Ampera No.88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v6i2.651

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi keterampilan proses sains siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya di kelas VII SMP Negeri 2 Sayan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sayan. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terdapat kontribusi keterampilan proses sains siswa terhadap hasil belajar pada materi wujud zat dan perubahannya tergolong sangat tinggi.

 

Kata Kunci:  keterampilan, proses sains, hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Sari, I. N., Azwar, I., & Riska, R. (2017). KONTRIBUSI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 257–266. https://doi.org/10.31571/saintek.v6i2.651