Sistem informasi otomatisasi pembuatan paket soal dengan memperhatikan distribusi soal hots, mots, dan lots

Authors

  • Hanif Kusuma Universitas Negeri Malang
  • Kintan Desinta Universitas Negeri Malang
  • Ghasa 'Alam Universitas Negeri Malang
  • Maufthaudin Mustaqim Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v13i1.7328

Keywords:

LOTS, HOTS, MOTS, Sistem Informasi, Otomatisasi

Abstract

Pendidikan kejuruan memiliki tujuan agar siswa memperoleh pekerjaan dengan bekal keterampilan tertentu. Keberhasilan dalam bekerja tidaklah lepas dari kemampuan berfikir tingkat tinggi. Namun berdasarkan data dari OECD dengan instrumen PISA, Indonesia termasuk kategori rendah dalam kemampuan berfikir tingkat tinggi (tahun 2018 dan 2022). Dari dasar itulah tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan sistem informasi dengan fitur utama membuat kelompok soal dengan distribusi LOTS, MOTS, dan HOTS secara otomatis berdasarkan persentase yang dimasukkan oleh pengguna. Sehingga terbuatlah soal-soal dengan porsi LOTS, MOTS, dan HOTS yang ideal. Metode yang digunakan adalah Extreme Programming. Setelah prioritas fitur sudah ditentukan maka perlu membuat rancangan Use Case Diagram dan Class Diagram. Hasil dari rancangan tersebut kemudian dilakukan pengkodean memanfaatkan arsitektur MVC untuk mempercepat pengerjaan. Proses pengkodean menghasilkan suatu sistem informasi bank soal berbasis web. Hasil dari sistem informasi tersebut kemudian diuji menggunakan uji Black Box dan kemudian dinilai oleh para ahli menggunakan variabel Perceived Usefulness dan Ease to Use dalam model TAM. Hasil pengujian Black Box menyatakan sistem informasi berjalan 100% sebagaimana mestinya. Sedangkan hasil dari penilaian para ahli (3 guru) secara keseluruhan menyatakan bahwa sistem informasi termasuk kategori layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anandayu, R., & Muslim, A. B. (2021). Pengembangan kemampuan berfikir tingkat tinggi dalam pembelajaran daring bahasa inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(3), 110–121. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i3.43329

Anderson, L. W., Krathwohl Peter W Airasian, D. R., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2001). Taxonomy for assessing a revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Langman.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan.

Bahers, S. B. S., & Subhiyakto, E. R. (2024). Pengembangan sistem aplikasi literasi membaca menggunakan metode extreme programming. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi. http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

Bunning, F., Spottl, G., & Stolte, H. (2022). Technical and vocational teacher education and training in international and development co-operation. https://link.springer.com/bookseries/6969

Cahyono, B. (2017). Analisis ketrampilan berfikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. Aksioma, 8(1).

Chen, F., Zhang, L., Lian, X., & Niu, N. (2022). Automatically recognizing the semantic elements from UML class diagram images. Journal of Systems and Software, 193. https://doi.org/10.1016/j.jss.2022.111431

Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS quarterly, 319-340.

Effendy, M. (2018). 2019, Porsi soal ujian nasional kategori sulit ditambah. https://koran-jakarta.com/2019-porsi-soal-ujian-nasional-kategori-sulit-ditambah?page=all

Fauzan, R., Siahaan, D., Rochimah, S., & Triandini, E. (2021). A different approach on automated use case diagram semantic assessment. International Journal of Intelligent Engineering and Systems, 14(1), 496–505. https://doi.org/10.22266/IJIES2021.0228.46

Ghamatrasa, M. (2006). Internet Adoption Decision Model among Iranian Small and Medium Enterprises.

Kemendikbud. (2019, March 27). Tingkat kesulitan soal un 2019 tidak berubah, ini komposisi soalnya. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/03/tingkat-kesulitan-soal-un-2019-tidak-berubah-ini-komposisi-soalnya

Kemendikbud. (2021). Buku saku smk pusat keunggulan.

Kholifah, L. N., & Dwikoranto, D. (2022). Implementation of the problem based learning model to improve students’ creative thinking ability. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 11(2), 17–23. https://doi.org/10.26740/ipf.v11n2.p17-23

Krastev, G., & Voinohovska, V. (2020). Smart mobile application for public transport schedules - Logical model. TEM Journal, 9(2), 541–545. https://doi.org/10.18421/TEM92-15

Kumar, V. (2021). Evaluation of computationally intelligent techniques for breast cancer diagnosis. Neural Computing and Applications, 33(8), 3195–3208. https://doi.org/10.1007/s00521-020-05204-y

Li, Z., Wang, J., & Wei, S. (2016). Design on students score management system based on asp.net. Advances in Social Science, Education and Humanities Research.

Lumba, E., & Waworuntu, A. (2021). Implementation of Model View Controller Architecture in Object Oriented Programming Learning. International Journal of New Media Technology), 8(2), 102.

M. Yusop, S. R., Rasul, M. S., Mohammad Yasin, R., & Hashim, H. U. (2023). Identifying and validating vocational skills domains and indicators in classroom assessment practices in tvet. MDPI Journal, 15(6), 5195. https://doi.org/10.3390/su15065195

Mahali. (2023). Wawancara dengan kepala program rpl di smk negeri 5 malang.

Norita Sari, R., & Sakhiyya, Z. (2020). An analysis of the English course book viewed from higher-order thinking skills Article Info. Journal of English Language Teaching. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt

Pavlova, M., & Singh, M. (2022). Education for sustainability 5 recognizing green skills through non-formal learning a comparative study in asia. 5. Springer Nature Singapore Pte Ltd. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-981-19-2072-1

Purnomo, A. (2022). Implementasi web scraping pada ojs dengan metode css selector. RESOLUSI : Rekayasa Teknik Informatika Dan Informasi. https://djournals.com/resolusi

Qiu, L. (2019). Computer-aided English teaching platform based on secure shell framework. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(16), 143–153. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.11149

Qureshi, M. R. J., Alshamat, S. A., & Sabir, F. (2014). Significance of the teamwork in agile software engineering. Science International-Lahore, 26(1), 117–120. http://agilemanifesto.org/.

Riza. (2023). Wawancara dengan Guru di SMK 5 Malang.

Sakulvirikitkul, P., Sintanakul, K., & Srisomphan, J. (2020). The design of a learning process for promoting teamwork using project-based learning and the concept of agile software development. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(3), 207–222. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.10480

Salza, P., Musmarra, P., & Ferrucci, F. (2019). Agile methodologies in education: a review. SPRINGER LINK, 25–45. https://doi.org/10.1007/978-981-13-2751-3_2

Samsiadi, S., & Humaidi, M. N. (2022). Efektivitas google form sebagai media penilaian dan evaluasi pembelajaran pai di smk negeri 1 berau kaltim. Research and Development Journal of Education, 8(2), 666. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13634

Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations.

Schleicher, A. (2023). Programme for international student assessment insights and interpretations PISA 2022.

Setiawati, W., LPMP Kalimantan Timur Oktavia Asmira, Mp., LPMP Kepulauan Bangka Belitung Yoki Ariyana, M., Widyaiswara PPPPTK IPA Bandung Reisky Bestary, M., Widyaiswara LPMP Provinsi Riau Ari Pudjiastuti Widyaiswara PPPPTK PKn dan IPS Batu, Mp., & Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, D. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills.

Sriyanti, A., Samdewi, A. R., Mania, S., & Yuliany, N. (2022). Analisis soal tipe higher order thinking skill (hots) pada buku ajar matematika smk kelas xi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2385–2394. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2400

Suprayitno, T. (2019). Tingkat kesulitan soal un 2019 tidak berubah, ini komposisi soalnya. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/03/tingkat-kesulitan-soal-un-2019-tidak-berubah-ini-komposisi-soalnya

Tuela, A. I., & Palar, Y. N. (2022). Analysis of higher order thinking skills (hots) based on bloom taxonomy in comprehensive examination questions. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(4), 957. https://doi.org/10.33394/jk.v8i4.5885

Ursavaş, Ö. F. (2022). Conducting technology acceptance research in education. https://link.springer.com/bookseries/13812

Weriza, J., Ilham, M., Siregar, A., & Fauzan, R. R. (2023). Information system of drug stock in vera padang pharmacy sistem informasi stok obat pada apotek vera padang. Journal of Scientech Research and Development, 5(1). https://idm.or.id/JSCR/ind

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Kusuma, H., Desinta, K., ’Alam, G., & Mustaqim, M. (2024). Sistem informasi otomatisasi pembuatan paket soal dengan memperhatikan distribusi soal hots, mots, dan lots. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 13(1), 18–32. https://doi.org/10.31571/saintek.v13i1.7328