PENERAPAN MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Misnati Misnati Program Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura Pontianak Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Pontianak 78124
  • Mahdi Radjiin Program Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Pontianak 78124
  • Aisyah Aisyah Program Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura Pontianak Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Pontianak 78124

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v7i1.777

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari indikator, Written Text, Drawing, Mathematical Expression yang diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan pembelajaran konvensional pada  materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 2 Sungai Ambawang. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasy Experimental Design) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Desain. Cara yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah cluster random sampling atau acak kelas. Teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari indikator Written Text, Drawing dan Mathematical Exspression yang diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan  pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Kemampuan Komunikasi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Misnati Misnati, Program Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Tanjungpura Pontianak Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Pontianak 78124

-

Downloads

Published

2018-06-01

How to Cite

Misnati, M., Radjiin, M., & Aisyah, A. (2018). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 7(1), 126–132. https://doi.org/10.31571/saintek.v7i1.777