PELATIHAN KETERAMPILAN WARGA NEGARA (CIVIC SKILL) DALAM PENGOLAHAN BUAH PISANG SEBAGAI WUJUD PERMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI DI DESA PASIR PANJANG KECAMATAN MEMPAWAH TIMUR

Authors

  • Hemafitria Hemafitria IKIP PGRI Pontianak
  • Erna Octavia IKIP PGRI Pontianak
  • Rohani Rohani IKIP PGRI Pontianak
  • Sulha Sulha IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk (1) memberikan acuan kepada masyarakat di desa Pasir Panjang Kabupaten Mempawah Timur dalam mengembangkan pengolahan buah pisang menjadi Nugget, (2) memberikan acuan dalam pengemasan dan pemasaran pengolahan buah pisang menjadi nugget. Kegiatan ini diharapkan menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat di desa pasir panjang, agar masyarakat mempunyai keterampilan dan memberikan manfaat peningkatan kreatifitas dalam pengolahan buah pisang. Keterampilan warga negara akan terlihat dari kemampuan warga negara dalam mengelola dan memanfaatkan potensi yang ada. Terampilnya masyarakat khususnya ibu  rumah tangga dan anggota PKK di Desa Pasir Panjang dalam melakukan pengolahan pisang akan meningkatkan nilai jual tinggi dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri yang memiliki keterampilan kewarganegaraan (civic skill) sehingga pengetahuan yang diperoleh menjadi suatu yang bermakna karena dapat dimanfaatkan dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan bermasyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hemafitria Hemafitria, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan PPKN

Erna Octavia, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan PPKN

Rohani Rohani, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan PPKN

Sulha Sulha, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan PPKN

References

Branson, M. S. (1998). The Role of Civic Education, A Forthcoming Education Policy Task Force Position. Paper from the Communitarian Network, diakses www. civiced. org.

Baruwadi, M.H. (2012). Peningkatan Nilai Tambah Komoditas Jagung dan Industri Jagung yang Berkelanjutan di Provinsi Gorontalo. Makalah pada Seminar Komoditas Jagung Gorontalo dan Komoditas Ekonomi Asean, Hotel Quality Gorontalo, Maret 2012.

Lay. A., P.M Pasang dan D.J. Torar. (2004). Perkembangan Teknologi Pengolahan Minyak Kelapa. Monograf Pascapanen Kelapa Balitka Manado.

Masruri, M., & Muazansyah, I. (2017). Analisis efektifitas program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perkotaan (PNPM-MP). Journal of Governance and Public Policy, 4(2), 363-393.

Wahab. (2006). Esensi Pendidikan Nilai Moral dan PKn diera globalisasi. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-03-30

Most read articles by the same author(s)