PELATIHAN KETERAMPILAN WARGA NEGARA (CIVIC SKILL) DALAM PENGOLAHAN BUAH PISANG SEBAGAI WUJUD PERMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI DI DESA PASIR PANJANG KECAMATAN MEMPAWAH TIMUR

Hemafitria Hemafitria, Erna Octavia, Rohani Rohani, Sulha Sulha

Abstract


Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk (1) memberikan acuan kepada masyarakat di desa Pasir Panjang Kabupaten Mempawah Timur dalam mengembangkan pengolahan buah pisang menjadi Nugget, (2) memberikan acuan dalam pengemasan dan pemasaran pengolahan buah pisang menjadi nugget. Kegiatan ini diharapkan menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat di desa pasir panjang, agar masyarakat mempunyai keterampilan dan memberikan manfaat peningkatan kreatifitas dalam pengolahan buah pisang. Keterampilan warga negara akan terlihat dari kemampuan warga negara dalam mengelola dan memanfaatkan potensi yang ada. Terampilnya masyarakat khususnya ibuĀ  rumah tangga dan anggota PKK di Desa Pasir Panjang dalam melakukan pengolahan pisang akan meningkatkan nilai jual tinggi dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri yang memiliki keterampilan kewarganegaraan (civic skill) sehingga pengetahuan yang diperoleh menjadi suatu yang bermakna karena dapat dimanfaatkan dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan bermasyarakat.


Full Text:

XML PDF

References


Branson, M. S. (1998). The Role of Civic Education, A Forthcoming Education Policy Task Force Position. Paper from the Communitarian Network, diakses www. civiced. org.

Baruwadi, M.H. (2012). Peningkatan Nilai Tambah Komoditas Jagung dan Industri Jagung yang Berkelanjutan di Provinsi Gorontalo. Makalah pada Seminar Komoditas Jagung Gorontalo dan Komoditas Ekonomi Asean, Hotel Quality Gorontalo, Maret 2012.

Lay. A., P.M Pasang dan D.J. Torar. (2004). Perkembangan Teknologi Pengolahan Minyak Kelapa. Monograf Pascapanen Kelapa Balitka Manado.

Masruri, M., & Muazansyah, I. (2017). Analisis efektifitas program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perkotaan (PNPM-MP). Journal of Governance and Public Policy, 4(2), 363-393.

Wahab. (2006). Esensi Pendidikan Nilai Moral dan PKn diera globalisasi. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.