PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN KULINER PROJET PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI MTS AL IRSYAD PONTIANAK

Authors

  • Yuliananingsih Yuliananingsih Universitas PGRI Pontianak
  • Sitti Uswatun Hasanah Universitas PGRI Pontianak
  • Fety Novianty Universitas PGRI Pontianak
  • Sulha Sulha Universitas PGRI Pontianak
  • Hadi Rianto Universitas PGRI Pontianak

Keywords:

Pendampingan, Kewirausahaan, P5

Abstract

Kegiatan Pendidikan Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta perguruan tinggi dalam memajukan dunia pendidikan melalui pendampingan kewirausahaan kuliner Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di MTs Al Irsyad Kota Pontianak. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas VII, dengan materi yang disampaikan oleh narasumber dari Program studi PPKn Fakultas IPPS Universitas PGRI Pontianak. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan sosialisasi terkait Penguatan Ekonomi Civic melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Kemudian dilanjutkan dengan pendampingan praktek kewirausahaan kuliner dengan memanfaatkan bahan dasar kearifan lokal berupa pisang nipah yang merupakan salah satu ciri khas buah-buahan yang tumbuh subur di daerah Kalimantan Barat, khususnya di kota Pontianak yang bertujuan untuk memberikan motivasi bagi siswa agar mengembangkan potensi diri dan berinovasi dalam meningkatkan keterampilan kewirausahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akademik, S., Sekolah, K., & Dan, B. S. (2013). Kinerja Mengajar Guru Oleh :Iis Yeti Suhayati.

Amiruddin, A. (2017). Seminar Nasional “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global.” Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2(0),193– 202.

Anatasya, E., Dewi, D. A., Indonesia, U. P., & Kunci, K. (2021). Mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter peserta didik sekolah dasar. 9(2), 291– 304.

Aristyaningsih, R. (2019). Pembinaan Karakter Gotong Royong Pada Anak Di Panti Asuhan ArrobitohKota Pekalongan. Skripsi, 1(1), 27–29.

Basuki, K. (2019). Studi Komparatif Motivasi Kerja Berdasarkan Pengembangan Karier Pada Karyawan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) ISSN 2502- 3632 (Online)

Cahyani, K., Dewi, D. A.,Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan. 9(2), 268– 281.

Cholisin. (2000). Konsep IKN - PKN. Ilmu Kewarganegaraan, 1–46.

Firdausy, Carunia Mulya. (2017). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia 1ed. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Hasudungan, A. N., & Abidin, N. F. (2020). Independent Learning: Forming The Pancasila Learner Through Historical Learning In Senior High School. Seminar Nasional Pembelajaran Sejarah (SNPS UNS 2020), 3 (2), 34–42.

Harsoyo Dwijo Wiyono, dkk. (2020). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Vol 1, No.2 Desember 2020 E-ISSN: 2746-2471. Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta:Indonesia. Muis, Afni Regita Cahyani. (2019). Ekonomi Kreatif Indonesia dalam Dinamika Perdagangan Internasional. Yogyakarta: CV. Budi Utama

Nurcahya, Ipak Ayu H. (2020). Kontribusi Industri Kreatif Rp1.102 Triliun. www.ekonomi.bisnis.com. Diakes pada 17 Februari 2021. Thomas W Zimmerer, Norman M Scarborough. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba: Empat.

Yani Restiyani Widjaja, S.E., M.M & Widi Winarso, S.E., M.M. (2019). Buku Bisnis Kreatif dan Inovatif. Bandung: Penerbit Yayasan Barcode.

Downloads

Published

2024-12-27

Most read articles by the same author(s)