PENANGGULANGAN PRAKTIK PERUNDUNGAN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI MAN INSAN CENDIKIA KABUPATEN SAMBAS

Authors

  • Fety Novianty IKIP PGRI Pontianak
  • Sitti Uswatun Hasanah IKIP PGRI Pontianak
  • Sulha Sulha IKIP PGRI Pontianak
  • Hadi Rianto IKIP PGRI Pontianak
  • Yuliananingsih Yuliananingsih IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

keterampilan warga negara, sosialisasi, perundungan

Abstract

Kegiatan pengadian pada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan peran serta perguruan tinggi, dalam hal ini prodi PPKn, untuk memajukan dunia pendidikan sebagai upaya penanggulangan praktik perundungan sebagai upaya penguatan karakter peduli sosial dan tanggung jawab siswa di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia di kabupaten Sambas. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa yang terdiri dari kelas X sampai dengan kelas XII, dengan materi kegiatan disampaikan oleh narasumber dari Program Studi PPKn Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini  diselenggarakan dalam bentuk sosialisasi/penyuluhan yaitu dengan sosialisasi terlebih dahulu terkait dengan keterampilan warganegara (civic skill) melalui metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Penyajian materi dengan menggunakan layar proyektor infocus dua arah. Kegiatan ceramah diselingi dengan tanya jawab agar terjadi interaksi langsung antara peserta dan pembicara. Pada akhir penyajian materi, peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya, sehingga pemahaman peserta akan semakin bertambah. Dan sebagai penyemangat diberikan juga reward berupa hadiah bagi peserta yang bisa menjawab dan juga bertanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfitriyah, Q.A. (2018) ‘Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam mencegah perilaku bullying (studi kasus mts darul ulum waru dan smpn 4 waru)”’, Vicratina, 5(1), pp. 12–13. Available at: http://digilib.uinsby.ac.id/25714/%0Ahttp://digilib.uinsby.ac.id/25714/7/Qurrotu A%27yuni Alfitriyah_F12316253.pdf.

Aryuni, M. (2017) ‘Strategi Pencegahan Bullying Melalui Program "Sekolah Care” bagi Fasilitator Sebaya’, Asian Journal of Environment, History and Heritage, 1(1), pp. 211–222. Available at: http://spaj.ukm.my/ajehh/index.php/ajehh/issue/view/1.

Gaetano.2010. Bullying: A View from the Corporate World. Journal of the International Ombudsman Association, 3 (2)

Olweus, D. (1993). Bullying at school: What we know and what we can do. Oxford: Blackwell.

Putri, Fellinda Arini, S.T. (2016) ‘Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Di Smp’, Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1(4), pp. 62–76. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/230709873.pdf.

Setiowati, A. and Astuti Dwiningrum, S.I. (2020) ‘Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Untuk Mengatasi Perilaku Bullying’, Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2), pp. 188–196. Available at: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.750.

Tsiantis, A.C.J et al. (2013). The effect of a clinical prevention program on bullying, victimization, and attitudes toward school of elementary school student. Behavioral disorder, 38 (4), 243-257.

Wurf, G. (2012). High School Anti-Bullying Interventions: An Evaluation of Curriculum Aproaches and the Method of Shared Concern in Four Hongkong International Schools. Australian Journal of Guidance and Counselling. Volume 22, Issue 1, pp.139-149

Downloads

Published

2024-01-13

Most read articles by the same author(s)