PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU MELALUI KARYA TULIS ILMIAH DI SMP ISLAM TAHFIZUL QUR’AN KABUPATEN KUBU RAYA

Sulha Sulha, Sitti Uswatun Hasanah, Ahmad Jamalong, Hadi Rianto

Abstract


Salah satu wujud pengembangan keprofesian guru adalah dengan menulis karya ilmiah,namun kenyataan di lapangan kegiatan guru masih pada visi dan misi pendidikan dan pengajaran sedangkan visi dan misi ilmiah dalam bentuk penulisan dan  publikasi ilmiah sering terabaikan. Terdapat permasalahan bahwa guru lebih suka mengajar daripada menulis, rendahnya keterlibatan guru dalam kegiatan karya tulis ilmiah pada seminar, workshop diklat dan lainnya, guru tidak telaten  dalam mengarsipkan surat, SK, surat tugas atau bukti fisik lainnya, dalam menyajikan bukti-bukti untuk kenaikan pangkat. Guru juga kurang pemahaman peraturan tentang jabatan guru. Dan guru sering terjebak pada rutinitas sehingga usul kenaikan pangkatnya kadang terlambat disampaikan atau karena persyaratan yang tidak kunjung lengkap. Kegiatan PKM ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dengan metode bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab dan diskusi. Lokasi pelaksanaan terletak di SMP Islam Tahfizul Qur’an Kabupaten Kubu Raya, dengan kegiatan berupa: penyuluhan pentingnya karya tulis ilmiah bagi guru, dan tips berani menulis dan publikasi.


Full Text:

PDF

References


Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390.

Dasuki, A. (2010). Pengembangan Profesionalisme Guru. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 9(2), 1-9.

Hasyim, M. H. M. (2014). Penerapan fungsi guru dalam proses pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 265-276.

Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65-73.

Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi: Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 136-142.

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Harijany, E. (2012). Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Iklim Sekolah dan Dampaknya pada Keefektifan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Survei pada Guru di Lingkungan SD Negeri Terakreditasi A di Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.