REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK MENGGUNAKAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Agus Suwarno, Agus Dwi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu melalui rekonstruksi pembelajaran diskusi kelompok menggunakan peta konsep bagi siswa kelas VIIIA MTs. Negeri 1 Pontianak tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1 Pontianak yang berjumlah 38 siswa. Hasil belajar siswa pra tindakan yaitu sebanyak 17 siswa (44,7%) tuntas dan 21 siswa (55,3%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 68. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan pada masing-masing siklus sebesar 70.3% dan 86,5% dengan nilai rata-rata 76,5 dan 88,1. Terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari siklus 1 dan 2 sebesar 16,2%. Pelaksanaan rekonstruksi pembelajaran diskusi kelompok menggunakan peta konsep dapat menjadi alternatif pembelajaran IPS Terpadu di sekolah karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


rekonstruksi pembelajaran; diskusi kelompok; peta konsep; hasil belajar;

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni dan Ismail M. Arif. (2008). Model-Model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi (Gaung Persada Press Group).

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sardiman. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Subroto, B. Suryo. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumadayo, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah (berbasis integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.

Usman, M. U. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.1257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 IKIP PGRI Pontianak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302