PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU

Authors

  • Agus Suwarno Program Studi Penddidikan Geografi Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak
  • Agustina Asteria Eca Program Studi Penddidikan Geografi Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.677

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode cooperative script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII  SMP Negeri 1 Sekadau Hulu. Variabel penelitian adalah aktivitas belajar siswa dan metode cooperative script. Subjek penelitian yaitu siswa VIII C. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dan bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan dokumenter. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cooperative script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada pra siklus menunjukkan siswa aktif sebesar 43,76% dan siswa tidak aktif sebesar 56,2%, pada skilus I siswa aktif sebesar 57,66% dan siswa tidak aktif sebesar 33,63%, sedangkan siklus II siswa aktif sebesar 74,22%, siswa tidak aktif sebesar 25,78%.

 

Kata Kunci: cooperative script, aktivitas belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-01-05

How to Cite

Suwarno, A. and Eca, A. A. (2018) “PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), pp. 257–265. doi: 10.31571/sosial.v4i2.677.