Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Siantan

Authors

  • Agus Suwarno IKIP PGRI Pontianak
  • Supriati Supriati

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.856

Abstract

Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah? Dengan sub masalah yaitu: (1) Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah? (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah? (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian pre-exsperimental design. Berdasarkan hasil pengolahan data dan perhitungan statistik secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah yaitu berdasarkan perhitungan diketahui bahwa tHitung > tTabel.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-26

How to Cite

Suwarno, A. and Supriati, S. (2018) “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Siantan”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), pp. 45–54. doi: 10.31571/sosial.v5i1.856.