Sebaran Ruko Terbengkalai di Kota Pontianak (Studi Kasus di Jalan Ampera, Husein Hamzah, Dr. Wahidin dan Danau Sentarum)

Authors

  • Dian Equanti IKIP PGRI Pontianak
  • Agus Suwarno IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.935

Abstract

Perkembangan Kota Pontianak menuju Kecamatan Pontianak Barat berimplikasi pada maraknya pembangunan ruko di sepanjang Jalan Ampera, Jalan Dr. Wahidin, Jalan Husein Hamzah, dan Jalan Danau Sentarum. Pengamatan lapangan menunjukkan banyak ruko dalam kondisi terbengkalai di sepanjang jalan tersebut. Hasil penelitian berupa analisis terhadap objek fotografi, interpretasi citra Google Earth, observasi dan wawancara, sebagai berikut. Pertama, analisis fotografi mengenai kondisi ruko terbengkalai. Kedua, distribusi ruko terbengkalai secara keruangan mengelompok di tepi jalan, dan terdapat ruko yang dibangun dengan spekulasi tinggi di kawasan yang belum rama. Ketiga, pertimbangan berinvestasi ruko didorong asumsi imbal hasil dari harga jual dan sewa bangunan. Ruko sebagai investasi bukan tempat usaha, sehingga tidak dimanfaatkan pemilik ruko sendiri untuk kegiatan ekonomi. Harga jual maupun sewa yang tinggi menyebabkan ekonomi biaya tinggi bagi pengusaha, sehingga ruko tidak diminati, bahkan ditinggalkan penyewanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Equanti, D. and Suwarno, A. (2018) “Sebaran Ruko Terbengkalai di Kota Pontianak (Studi Kasus di Jalan Ampera, Husein Hamzah, Dr. Wahidin dan Danau Sentarum)”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), pp. 173–189. doi: 10.31571/sosial.v5i2.935.