PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) BERBASIS TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK)

Authors

  • Martin Martin Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP-PGRI Pontianak Jalan Ampera No. 88 Pontianak 78116

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v1i1.147

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui program BK dan pelaksanaannya di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Mumtaz Pontianak; (2) menghasilkan program BK berbasis-tugas-tugas perkembangan yang sesuai di TKIT Al-Mumtaz Pontianak. Metode penelitian: Research and Development (R & D). Subjek penelitian 75 anak kelompok A. Teknik dan instrumen pengumpulan data: (1) Studi dokumenter (2) Wawancara, dan  (3) angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif untuk mengambarkan (Tingkat Ketercapaian Tugas Perkembangan (TKTP)  anak sebagai acuan pengembangan program BK berbasis tugas-tugas perkembangan. Hasil penelitian: Perencanaan dan perumusan program BK tidak berdasarkan needs assessment. Peran personel sekolah kurang maksimal. Evaluasi tidak dipersiapkan secara maksimal. TKTP anak kelompok A termasuk kategori tinggi, rata-rata mencapai 35,97 dan persentase mencapai 74,92%.. Kesimpulan penelitian: (1) program BK di TKIT Al-Mumtaz Pontianak tidak melalui needs assessment. Pelaksanaan program BK kurang memaksimalkan peran personel sekolah. (2) program BK berbasis tugas perkembangan yang sesuai digunakan pada anak kelompok A TKIT Al-Mumtaz Pontianak adalah program yang dikembangkan brerdasarkan asesmen kebutuhan anak, kondisi sekolah dan kebutuhan lingkungan (harapan personil sekolah dan orang tua). Saran Penelitian: perlu diadakannya needs assesment berdasarkan  tugas perkembangan anak dalam perumusan program, dan perlu  adanya sosialisasi program untuk membangun komitmen dalam pembagian peran  penyelenggaraan bimbingan.  

 

Kata Kunci: Program Bimbingan dan Konseling, Tugas-tugas Perkembangan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-24

How to Cite

Martin, M. (2016) “PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) BERBASIS TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK)”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1), pp. 45–58. doi: 10.31571/sosial.v1i1.147.