ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DANIMPLEMENTASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Martin Martin

Abstract


Penelitian bertujuan mendeskripsikan kecerdasan interpersonal anak dan merancangbimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak PAUD Arrahman kabupaten Sambas. Metode penelitian adalah deskriptif dengan bentuk penelitian studi survei. Subjek penelitian 25 anak. Teknik pengumpul data menggunakan komunikasi langsung dengan alat panduan observasi. Analisis data meggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis interaktif model Miles and Huberman. Hasil penelitian:Kondisi kecerdasan interpersonal anak PAUD kabupaten Sambas “memadai”. Dari 10 indikator dan 28 sub indikator kecerdasan tergolong “memadai” dan “cukup memadai”. Terdapat 1 indikator dan 6  subindikator   tergolong  “kurang memadai”.Komponen bimbingan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak meliputi bidang: pribadi, sosial dan karier. Layanan bimbingan: orientasi, informasi, penguasaan konten, penempatan dan penyaluran, konseling individual, dan konsultasi. Komponen pendukung: aplikasi intrumentasi, himpunan data dan konferensi kasus. Saran: (1) Guru dalam merancang bimbingan hendaknya berdasarkan asesmen kebutuhan; (2) Guru dan Kepala Sekolah hendaknya memanfaatkan hasil penelitian ini dalam rangka mengembangkan kecerdasan interpersonal anak.  

 

Kata Kunci: kecerdasan interpersonal anak usia dini, bimbingan dan konseling.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v3i2.368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial



SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302