LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA

Authors

  • Ema Sukmawati IKIP PGRI Pontianak
  • Martin Martin IKIP PGRI Pontianak
  • Saraswati Saraswati IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v7i2.2439

Keywords:

konseling kelompok, modeling, kejenuhan belajar,

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Gambaran umum kejenuhan belajar sebelum dilakukan layanan konseling kelompok dengan teknik modeling, 2) Pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik modeling untuk mengatasi kejenuhan belajar, dan 3) Layanan konseling kelompok dengan teknik modeling dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa SMP Negeri 1 Jagoi Babang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (action research), sedangkan bentuknya yaitu penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Hasil penelitian yaitu: 1) Kejenuhan belajar sebelum diberikan layanan konseling kelompok tergolong “Tinggiâ€, dengan persentase 70% ketegori “Tinggiâ€, 2) Pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik modeling dapat mengatasi kejenuhan belajar dilakukan dengan 4 tahap yaitu: permulaan, transisi, kegiatan dan pengakhiran, 3) Kejenuhan belajar siswa SMP Negeri 1 Jagoi Babang dapat teratasi, setelah diberikan tindakan memperoleh kategori “Rendahâ€. Tindakan siklus I dengan presentase 52% kategori “Sedangâ€, siklus II memperoleh presentase 33% dengan ketegori “Rendahâ€.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Santrock, W Jhon. (2012). Life Span Development Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.

Suryabrata, Sumadi. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nursalim, Mochamad. (2014). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta Barat: PT Indeks.

Kurnanto, Edi M. (2013). Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Corey, Gerald. (2013). Teori dan Praktek Konselong dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Wibowo, Eddy, Mungin. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT.UNNES Press.

Syah, Muhibbin. (2017). Psikologi Belajar. Depok: PT.Raja Grafindo.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Sukmawati, E., Martin, M. and Saraswati, S. (2020) “LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(2), pp. 198–206. doi: 10.31571/sosial.v7i2.2439.

Most read articles by the same author(s)