LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA

Ema Sukmawati, Martin Martin, Saraswati Saraswati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Gambaran umum kejenuhan belajar sebelum dilakukan layanan konseling kelompok dengan teknik modeling, 2) Pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik modeling untuk mengatasi kejenuhan belajar, dan 3) Layanan konseling kelompok dengan teknik modeling dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa SMP Negeri 1 Jagoi Babang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (action research), sedangkan bentuknya yaitu penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Hasil penelitian yaitu: 1) Kejenuhan belajar sebelum diberikan layanan konseling kelompok tergolong “Tinggi”, dengan persentase 70% ketegori “Tinggi”, 2) Pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik modeling dapat mengatasi kejenuhan belajar dilakukan dengan 4 tahap yaitu: permulaan, transisi, kegiatan dan pengakhiran, 3) Kejenuhan belajar siswa SMP Negeri 1 Jagoi Babang dapat teratasi, setelah diberikan tindakan memperoleh kategori “Rendah”. Tindakan siklus I dengan presentase 52% kategori “Sedang”, siklus II memperoleh presentase 33% dengan ketegori “Rendah”.

Keywords


konseling kelompok; modeling; kejenuhan belajar;

Full Text:

PDF

References


Santrock, W Jhon. (2012). Life Span Development Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.

Suryabrata, Sumadi. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nursalim, Mochamad. (2014). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta Barat: PT Indeks.

Kurnanto, Edi M. (2013). Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Corey, Gerald. (2013). Teori dan Praktek Konselong dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Wibowo, Eddy, Mungin. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT.UNNES Press.

Syah, Muhibbin. (2017). Psikologi Belajar. Depok: PT.Raja Grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v7i2.2439

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ema Sukmawati, Martin Martin, Saraswati Saraswati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302