PENINGKATAN CREATIVE INTELEGENCY (KECERDASAN KREATIF) SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Rika Anggela, Suherdiyanto Suherdiyanto, Rina Rina

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi yang obyektif mengenai Peningkatkan Creative Intelegency (Kecerdasan Kreatif) Siswa melalui Metode Diskusi Kelompok pada Pembelajaran Geografi Di Kelas X SMA Negeri 1 Tanah Pinoh Kabupaten Melawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sedangkan bentuk penelitiannya  adalah penelitian tindakan kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS2 sebanyak 32 siswa, dan objek penelitiannya adalah Creative Intelegency (Kecerdasan Kreatif) siswa kelas X IPS 2. Alat pengumpulan datanya yaitu lembar observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Penerapan metode pembelajaran diskusi kelompok pa terlaksana dengan baik dan mencapai kriteria keberhasilan 2) Creative Intelegency (kecerdasan kreatif) siswa melalui penerapan metode diskusi kelompok dengan aspek berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil  dan berpikir elaboratif terdapat peningkatan dan mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan pada siklus I yaitu setiap aspek tergolong dalam kategori cukup (C) kemudian meningkat pada siklus II dengan rentang rata-rata persentase yang diproleh yaitu setiap aspek tergolong dalam kategori baik (B), 3) hasil tanggapan siswa terhadap penerapan metode yang digunakan guru memproleh skor pada siklus I 56,22% dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan skor 69,59% masuk pada kategori baik.

Keywords


kecerdasan kreatif; diskusi;

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

__________ (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bulatau, S.J. (2003). Teknik Diskusi Kelompok. Yogyakarta: Kanisius.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M. Ngalim (2010). Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: Pustaka Belajar.

Rusman (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukmadinata, Nana Syaodih (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto S. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berinovasi Konstruktivistik (Konsep, Landasan Teoritis – Praktis dan Implementasinya). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uzer, Moch Usman (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v7i2.2165

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rika Anggela, Suherdiyanto Suherdiyanto, Rina Rina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302