PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN KERANGK KERJA TPCK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DIKELAS VII MTS NAHDHATUL ATFHAL SUNGAI AMBAWANG

Lisa Susanti, Handy Darmawan, Boisandi Boisandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi Wujud Zat dan Perubahannya di kelas VII Mts Nahdhatul Atfhal Sungai Ambawang sebelum dan setelah di terapkan model pembelajaran Generatif dengan Kerangka Kerja TPCK. Metode yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group pretest-posttest design. Instrumen dalam pengumpulan data adalah tes tertulis dalam bentuk Essay yang di ujikan kepada 27 orang siswa yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran generatif dengan kerangka kerja TPCK sebesar 48,00 dengan standar deviasinya 13,29 dan rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan diterapkan model pembelajaran Generatif dengan kerangka kerja TPCK 72,96 dengan standar deviasinya 10,40. Dari hasil analisis menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh  yaitu 4,54 > 1,645. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Generatif dengan Kerangka Kerja TPCK dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Pembelajaran Generatif, TPCK(Technological Pedagogical And Content Knowledge), hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Andriani, G. A. K. R. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus l Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan . 2(1).

Depdiknas. (2006). Peningkatan kualitas pembelajaran. Derektoral Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Lefudin, Marco. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Generatif. Tersedia pada http://marco-lefudin.blogspot.com/2011/11/penerapan-model-pembelajaran-generatif.html (diakses tanggal 11 Desember 2013).

Lisna Nafikah. Skripsi. Pengaruh Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Kalor. (Quasi Eksperiment di SMP Aulia Bogor).

Sugiyono.2014. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : ALFABETA.

Boisandi. Darmawan, H. 2017. Meta Analisis Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme pada Materi Fisika di Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. Al-BiRuNi. 06 (2). (2017).hal 179-185. ISSN: 2503-023X.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.1176

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya

Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: fisikaikippgripontianak@gmail.com


p-ISSN: 2654-4512  | e-ISSN: 2655-1373


View My Stats