PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUSBERUBAH BERATURAN DIKELAS X SMA NEGERI 3BENGKAYANG

1Ita purnamsari, Handy Darmawan, Eti Sukadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Laerning) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus berubah beraturan di kelas X SMA Negeri 3 Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian pre-Experimental Design. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Postest Design. Sampel yaitu seluruh siswa kelas X-IPA 2 SMA Negeri 3 bengkayang yang berjumlah 35 orang dengan teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes essay. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Liliefors, uji homogenitas dengan uji F, uji wilcoxon dan uji Effect Size. Berdasarkan dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata hasul belajar siswa pretest sebesar 34,64, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa data posttest sebesar 66,67. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon diperoleh Zhitung(4,587) > Ztabel (0,9998) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa  sebelum dan setelah diterapkan  model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi gerak lurus berubah beraturan di kelas X SMA Negeri 3 Bengkayang. Dan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi gerak lurus berubah beraturan di kelas X SMA Negeri 3 Bengkayang berdasarkan uji Effect Size yaitu sebesar 3,15 yang termasuk kriteria tinggi.

Keywords


Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning), hasil belajar, gerak lurus berubah beraturan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Manajemen pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian Edisi Ke-2. Surakarta: UNS Press.

Afriyani D. Boisandi. 2018. Penerapan model sains teknologi masyarakat menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada materi optika geometri kelas x sma negeri 1 tayan hilir. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA). Vol 1, No 1 (2018). ISSN: 2655-1373.

Kanginan Marthen. ( 2006). Fisika untuk SMA Kelas X. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Pujianto, dkk. (2016). Fisika untuk SMA Kelas X. Klaten. Intan Pariwara.

Nafiah,Yunin Nurun. ( 2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PPs UNY.

Nurhayati. (2017). Pengaruh model Probelm Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Pontianak: Pendidikan Fisika, Falkultas P.MIPA Dan Teknologi, IKIP-PGRI Pontianak.

Rahayu,Jumi. ( 2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Materi Perpindahan Kalor pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Matan Hilir Selatan. Pontianak: Tidak diterbitkan.

Shoimin Aris. ( 2017).Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,

Sugiyono. (2012). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : ALFABETA

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/jpsa.v3i1.1896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya

Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: fisikaikippgripontianak@gmail.com


p-ISSN: 2654-4512  | e-ISSN: 2655-1373


View My Stats