PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 PONTIANAK

Authors

  • Siti Maria
  • Dwi Fajar Saputri
  • Eti Sukadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Permainan Ludo untuk meningkatkan minat belajar fisika peserta didik dikelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan penelitian yaitu: 1) Analysis, 2) Design,3) Development. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa media Permainan Ludo Layak digunakan dan diterapkan sebagai media pembelajaran baik baik di SMP Negeri 13 Pontianak. 1) dengan hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 79% dengan kriteria Layak, 2) hasil peneliaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 86%, 3) respon siswa terhadap penggunaan media Permainan Ludo yang di tinjau dari aspek rekayasa produk, aspek desain pembelajaran, dan komunikasi visual mendapatkan rat-rata skor 71% dengan kriteria Layak. Adapun dari penilian secara kualitatif yang berupa komentar dan saran, secara garis besar baik dari validator, dan siswa menanggapi bawha media Permainan Ludo di SMP Negeri 13 Pontianak baik untuk digunakan dan diterapkan.

Kata Kunci : Pengembangan, Permainan Ludo, Meningkatkan Minat Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Maria

Prodi Pendidikan Fisika

Fakultas MIPA DAN TEKNOLOGI

IKIP PGRI PONTIANAK

Dwi Fajar Saputri

Prodi Pendidikan Fisika

Fakultas MIPA DAN TEKNOLOGI

IKIP PGRI PONTIANAK

Eti Sukadi

Prodi Pendidikan Fisika

Fakultas MIPA DAN TEKNOLOGI

IKIP PGRI PONTIANAK

References

Ambarita, F. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Open Ended dengan Media Handout Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Skripsi: UNIMED. 2015.

Kurniawan, dkk. Indeks Rawan Bencana Indonesia. Jakarta: BNPB. 2012.

Jannah, M. M & Wiyatno, Y. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Minat Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika 7(3), 240–249.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2017.

Sakinah, I. Pengembangan Ludo Word Game Sebagai Media pembelajaran Pada Materi Minyak Bumi Kelas XI SMA. Menara Ilmu. 12(12): 58-69, 2018.

Darma, S. dan Iswendi. Pengembangan Ludo Word Game Kimia Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Kelas VIII SMP. Menara Ilmu. 12(12): 58-69, 2018.

Downloads

Published

2021-06-15

How to Cite

Maria, S., Fajar Saputri, D., & Sukadi, E. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 PONTIANAK. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 4(1), 30–35. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/article/view/2422