PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Permainan Ludo untuk meningkatkan minat belajar fisika peserta didik dikelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan penelitian yaitu: 1) Analysis, 2) Design,3) Development. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa media Permainan Ludo Layak digunakan dan diterapkan sebagai media pembelajaran baik baik di SMP Negeri 13 Pontianak. 1) dengan hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 79% dengan kriteria Layak, 2) hasil peneliaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 86%, 3) respon siswa terhadap penggunaan media Permainan Ludo yang di tinjau dari aspek rekayasa produk, aspek desain pembelajaran, dan komunikasi visual mendapatkan rat-rata skor 71% dengan kriteria Layak. Adapun dari penilian secara kualitatif yang berupa komentar dan saran, secara garis besar baik dari validator, dan siswa menanggapi bawha media Permainan Ludo di SMP Negeri 13 Pontianak baik untuk digunakan dan diterapkan.
Kata Kunci : Pengembangan, Permainan Ludo, Meningkatkan Minat Belajar.
Downloads
References
Ambarita, F. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Open Ended dengan Media Handout Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Skripsi: UNIMED. 2015.
Kurniawan, dkk. Indeks Rawan Bencana Indonesia. Jakarta: BNPB. 2012.
Jannah, M. M & Wiyatno, Y. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Minat Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika 7(3), 240–249.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2017.
Sakinah, I. Pengembangan Ludo Word Game Sebagai Media pembelajaran Pada Materi Minyak Bumi Kelas XI SMA. Menara Ilmu. 12(12): 58-69, 2018.
Darma, S. dan Iswendi. Pengembangan Ludo Word Game Kimia Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Kelas VIII SMP. Menara Ilmu. 12(12): 58-69, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.