Remediasi hasil belajar fisika dengan media power point pada materi hukum newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo

Gresi Novita Sari, Dwi Fajar Saputri, Ira Nofita Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai remediasi hasil belajar fisika dengan media power point pada materi hukum Newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo. Adapun secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) remediasi dengan menggunakan media power point dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi hukum Newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo; (2) hasil belajar siswa sebelum diremediasi menggunakan media power point pada materi hukum Newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo; (3) hasil belajar siswa setelah diremediasi menggunakan media power point pada materi hukum Newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah satu kelas. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah tes soal berbentauk pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan statistik parametris. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar siswa pada materi hukum Newton sebelum diremediasi menggunakan media power point di kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo adalah 65,47 dengan kriteria nilai yang telah ditentukan tergolong cukup; (2) Rata-rata hasil belajar siswa pada materi hukum Newton setelah diremediasi menggunakan media power point di kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo adalah 81,42 dengan kriteria nilai yang telah ditentukan tergolong istimewa; (3) Terdapat peningkatan hasil belajar fisika dengan media power point pada materi hukum Newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo.


Keywords


Remediasi, Hasil Belajar, dan Media Power Point.

Full Text:

PDF

References


Samudra, Suastra, dan Suma, Permasalahan-Permasalaha n yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika, Jurnal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), pp. 18-25, 2014.

Murtiani, F. A., dan Wulan, R., Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Lesson Study dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri Kota Padang, Jurnal FKIP UNP, 1(21), pp. 14-21, 2012.

Mardianti, L., Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Siswa pada Konsep Bunyi, Skripsi FITK UIN Syarif Hidayatullah, 2011.

Setiyawan, R.T., Sutarto, dan Subiki, Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika dengan Metode Demonstrasi yang Dilengkapi Media Lingkungan pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 13 Jember, Jurnal FKIP Universitas Jember, 1(2), pp. 206-211, 2012.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Panduan Kurikulum Massagi, Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas SMA/SMK/SLB, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Bandung, 2020.

Bahar, I., Syamsiah, Bahri, A., Penggunaan Media Power Point dan Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makasar, Celebes Biodiversitas, Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi, 2(1), 2018.

Dea Elvina Damitri, Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual sebagai Media Presentasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan, Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2), pp. 1-6, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.1989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya

Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: fisikaikippgripontianak@gmail.com


p-ISSN: 2654-4512  | e-ISSN: 2655-1373


View My Stats