Korelasi Kemampuan Matematis dengan Hasil Belajar pada Materi Suhu di Kelas X SMA Negeri 1 Jawai Selatan

Tomi Hidayat, Ira Nofita Sari

Abstract


Secara umum tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan matematis dengan hasil belajar fisika di SMA Negeri 1 Jawai Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Jawai Selatan dengan sampel penelitian yaitu kelas XC yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah soal tes bentuk essay dan teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik uji korelasi Kendal Tau dan signifikansi korelasi. Dari hasil analisa data diperoleh bahwa  τ 0,65 hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan matematis dengan hasil belajar fisika dengan tingkat korlasi kuat, sedangkan untuk uji signifikan diperoleh nilai Zhitung 4,64 ini lebih besar dari pada nilai Ztabel 2,58 pada materi suhu di SMA Negeri 1 Jawai Selatan. Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan, secara umum dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kemampuan matematis dengan hasil belajar fisika, memiliki tingkat hubungan yang kuat di kelas X SMA Negeri 1 Jawai Selatan.

Keywords


korelasi, kemampuan matematis, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Riyadi, S dan Suparpto, N. 2013. Studi Kolerasi Penalaran Konsep Fisika dan Penalaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 15 Surabaya pada Pokok Bahasan Gerak Parabola. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3).

Jewet, S. 2009. Fisika Untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Salemba Teknik

Rhahim, E.; Tandililing, E.; Syukran. 2015. R. dkk 2015. Hubungan Keterampilan Matematika Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Terhadap Miskonsepsi Siswa Pada Impuls Momentum. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 4(9).

Sugeng. 2014. Korelasi Kemapuan Matematika dan Fisika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Teknik Elektro D3 UNISMA. Jurnal of Electrical and Electronik, 2(1).

Boisandi. Trisianawati, Eka. 2016. Korelasi keterampilan dasar matematika dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan fisika ikip pgri pontianak. Jurnal Edukasi: Jurnal Pendidikan. Jilid 14. Terbitan 1. Halaman 12-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/jpsa.v2i2.1123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya

Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: fisikaikippgripontianak@gmail.com


p-ISSN: 2654-4512  | e-ISSN: 2655-1373


View My Stats