Analisis kultur sekolah di Kota Pontianak

Ade Tri Detasari, Kim Bely, Ira Nofita Sari

Abstract


Sekolah sebagai salah satu wadah bagi generasi muda untuk lebih mengenal norma-norma yang berlaku di lingkungan sekitarnya, dituntut untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi di era globalisasi dan juga berupaya untuk mengantisipasi pergeseran norma yang berlaku di masyarakat menuju ke arah yang negatif. Kultur atau kebudayaan yang berlaku di sekolah merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan norma-norma kebaikan yang perlu diketahui dan dimiliki oleh siswa agar dapat mempersiapkan masa depannya. Namun, antara satu sekolah dengan yang lainnya di dalam suatu daerah pasti terdapat perbedaan kultur, karena itu perlu diadakan penelitian untuk melihat kultur yang dimiliki oleh masing-masing sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kultur yang diterapkan oleh masing-masing sekolah menengah pertama atau madrasah tsanawiyah yang ada di kota Pontianak, dan kemudian dapat dikembangkan suatu kultur sekolah yang terbaik untuk diterapkan di Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis studi literatur, dengan teknik pengambilan data berupa studi pustaka. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel dari beberapa sekolah menengah pertama atau sederajat di kota Pontianak. Menggunakan sumber data berupa laporan magang di masing-masing sekolah, data yang didapat nantinya berubah data sekunder atau data tidak langsung. Yang kemudian akan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui perbedaan kultur yang diterapkan pada masing-masing sekolah sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan dan persamaan pada kultur sekolah yang diteliti, namun secara umum kultur sekolah yang dibangun bersifat positif dan dapat dijadikan sebagai rujukan untuk dikembangkan.


Keywords


analisis; kultur sekolah

Full Text:

PDF

References


Atmadi, A. dan Setianingsih, Y, (ed). Transformasi Pendidikan, Memasuki Milenium Ketiga, Yogyakarta, Penerbitan Universitas Sanata Dharma, 2000.

Moerdiyanto. Manajemen Sekolah Indonesia Yang Efektif Melalui Penerapan Total Quality Management. http://- staff.uny.ac.id/sites/defaultfiles/penelitian/Drs.%20Moerdiyanto,%20M. Pd./-ARTIKEL%20MANA-JEMEN%20SEKOLAH%20EFEKTIF.pdf. Diakses : 28/1/2020, 2007.

Ariefa, E,. Kultur Sekolah Untuk Mengembangkan Good School, Makalah Pengabdian Pada Masyarakat. Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, 2008.

Zamroni, Panduan Teknis Pengembangan Kultur Sekolah, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009.

Sobri, M, Pembentukan Karakter Disiplin Siswa melalui Kultur Sekolah Volume 6, Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, 2019.

Vembriarto, St. Sosiologi Pendidikan. Jakarta, Grasindo, 1993.

Nasution, S., Sosiologi Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara, 1999.

Tohirin., Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Rahmat, N; Sepriadi; Daliana, R. Pembentukan Karakter Disiplin Siswa melalui Guru Kelas di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Supervisi Pendidikan, 2(2), 2017.

Yusuf, M; Ritonga, M; dan Mursal. Implementasi Karakter Disiplin dalam Kurikulum 2013 pada Bidang Studi PAI di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1).

Ahsanulkhaq, M., Membentuk Karakter Religius Peserta Didik melalui Metode Pembiasaan, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 2019.

Puspitasari, FB dan Herdiati, D., Pendidikan Karakter melalui Lagu di Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Musik, 1(2), 2020.

Ulifah, H., Pelaksanaan Kegiatan Shalat Berjamaah dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Waktu Siswa: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Brawijaya Smart School Malang, Repository Elektronik Theses Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020.

Faraeta, DO; Syarifah; dan Anwar, S., Implementasi Pendidikan Karakter melalui Program 3S (Senyum, Sapa, Salam) di SMA Negeri 1 Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka, Lenternal: Leraning and Teaching Journal, 1(2), 2020.

Sari, MK; Suyanti; dan Budyartati, S., Pembinaan Kultur Sekolah sebagai Upaya Pembentukan Karakter di SD Madisrejo 1 Madiun, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 2020.

Aryanti, W. S. dan Fuadah, A., Menjaga Kebersihan Sekolah dan Karakter Peduli Lingkungan bagi Murid MI/SD di Indonesia, Jurnal Edukatif, 6(1), 2020.

Hemafitria, Penguatan Karakter Bangsa melalui Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 2017.

Chan, F., Rimba Kurniawan, A., Oktavia, A., Citra Dewi, L., Sari, A., Putri Khairadi, A., dan Piolita, S., Gerakan Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar, Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 2019.

Siregar, F. R., Nilai-Nilai Sekolah dalam Pembinaan Aktivasi Keagamaan Siswa SD IT Bunayya Padangsidimpuan, Jurnal Pusat Gender Dan Anak, 1(1), 2017.




DOI: https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.3571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ade Tri Detasari, Kim Bely, Ira Nofita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya

Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: fisikaikippgripontianak@gmail.com


p-ISSN: 2654-4512  | e-ISSN: 2655-1373


View My Stats