Analisis kultur sekolah di Kota Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v4i2.3571Keywords:
analisis, kultur sekolahAbstract
Sekolah sebagai salah satu wadah bagi generasi muda untuk lebih mengenal norma-norma yang berlaku di lingkungan sekitarnya, dituntut untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi di era globalisasi dan juga berupaya untuk mengantisipasi pergeseran norma yang berlaku di masyarakat menuju ke arah yang negatif. Kultur atau kebudayaan yang berlaku di sekolah merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan norma-norma kebaikan yang perlu diketahui dan dimiliki oleh siswa agar dapat mempersiapkan masa depannya. Namun, antara satu sekolah dengan yang lainnya di dalam suatu daerah pasti terdapat perbedaan kultur, karena itu perlu diadakan penelitian untuk melihat kultur yang dimiliki oleh masing-masing sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kultur yang diterapkan oleh masing-masing sekolah menengah pertama atau madrasah tsanawiyah yang ada di kota Pontianak, dan kemudian dapat dikembangkan suatu kultur sekolah yang terbaik untuk diterapkan di Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis studi literatur, dengan teknik pengambilan data berupa studi pustaka. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel dari beberapa sekolah menengah pertama atau sederajat di kota Pontianak. Menggunakan sumber data berupa laporan magang di masing-masing sekolah, data yang didapat nantinya berubah data sekunder atau data tidak langsung. Yang kemudian akan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui perbedaan kultur yang diterapkan pada masing-masing sekolah sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan dan persamaan pada kultur sekolah yang diteliti, namun secara umum kultur sekolah yang dibangun bersifat positif dan dapat dijadikan sebagai rujukan untuk dikembangkan.
Downloads
References
Atmadi, A. dan Setianingsih, Y, (ed). Transformasi Pendidikan, Memasuki Milenium Ketiga, Yogyakarta, Penerbitan Universitas Sanata Dharma, 2000.
Moerdiyanto. Manajemen Sekolah Indonesia Yang Efektif Melalui Penerapan Total Quality Management. http://- staff.uny.ac.id/sites/defaultfiles/penelitian/Drs.%20Moerdiyanto,%20M. Pd./-ARTIKEL%20MANA-JEMEN%20SEKOLAH%20EFEKTIF.pdf. Diakses : 28/1/2020, 2007.
Ariefa, E,. Kultur Sekolah Untuk Mengembangkan Good School, Makalah Pengabdian Pada Masyarakat. Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, 2008.
Zamroni, Panduan Teknis Pengembangan Kultur Sekolah, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009.
Sobri, M, Pembentukan Karakter Disiplin Siswa melalui Kultur Sekolah Volume 6, Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, 2019.
Vembriarto, St. Sosiologi Pendidikan. Jakarta, Grasindo, 1993.
Nasution, S., Sosiologi Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara, 1999.
Tohirin., Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Rahmat, N; Sepriadi; Daliana, R. Pembentukan Karakter Disiplin Siswa melalui Guru Kelas di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Supervisi Pendidikan, 2(2), 2017.
Yusuf, M; Ritonga, M; dan Mursal. Implementasi Karakter Disiplin dalam Kurikulum 2013 pada Bidang Studi PAI di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1).
Ahsanulkhaq, M., Membentuk Karakter Religius Peserta Didik melalui Metode Pembiasaan, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 2019.
Puspitasari, FB dan Herdiati, D., Pendidikan Karakter melalui Lagu di Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Musik, 1(2), 2020.
Ulifah, H., Pelaksanaan Kegiatan Shalat Berjamaah dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Waktu Siswa: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Brawijaya Smart School Malang, Repository Elektronik Theses Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020.
Faraeta, DO; Syarifah; dan Anwar, S., Implementasi Pendidikan Karakter melalui Program 3S (Senyum, Sapa, Salam) di SMA Negeri 1 Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka, Lenternal: Leraning and Teaching Journal, 1(2), 2020.
Sari, MK; Suyanti; dan Budyartati, S., Pembinaan Kultur Sekolah sebagai Upaya Pembentukan Karakter di SD Madisrejo 1 Madiun, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 2020.
Aryanti, W. S. dan Fuadah, A., Menjaga Kebersihan Sekolah dan Karakter Peduli Lingkungan bagi Murid MI/SD di Indonesia, Jurnal Edukatif, 6(1), 2020.
Hemafitria, Penguatan Karakter Bangsa melalui Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 2017.
Chan, F., Rimba Kurniawan, A., Oktavia, A., Citra Dewi, L., Sari, A., Putri Khairadi, A., dan Piolita, S., Gerakan Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar, Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 2019.
Siregar, F. R., Nilai-Nilai Sekolah dalam Pembinaan Aktivasi Keagamaan Siswa SD IT Bunayya Padangsidimpuan, Jurnal Pusat Gender Dan Anak, 1(1), 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- Tomi Hidayat, Ira Nofita Sari, Korelasi Kemampuan Matematis dengan Hasil Belajar pada Materi Suhu di Kelas X SMA Negeri 1 Jawai Selatan , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Linda Oktavia, Dwi Fajar Saputri, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KALOR DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Astuti Astuti, Dwi Fajar Saputri, Ira Nofita Sari, Optimalisasi Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Melingkar Beraturan Kelas X SMA Negeri 1 Salatiga , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Mira Batil, Ira Nofita Sari, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studnt Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Wujud Zat , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Sarah Ashari, Diana Diana, Okta Triana, Ira Nofita Sari, ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KOMPUTER DI KALIMANTAN BARAT , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Selvanus Yudi Prayogo, Anita Anita, Ira Nofita Sari, Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Mengenalkan Alat-Alat Optik , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Kalista Rossisca, Joko Suranto, Ira Nofita Sari, Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Kalor di Kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Gresi Novita Sari, Dwi Fajar Saputri, Ira Nofita Sari, Remediasi hasil belajar fisika dengan media power point pada materi hukum newton untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ledo , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Novy Pradika Putri, Soka Hadiati, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI VIDEOSCRIBE PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 13 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Ade Astriani Ani, Soka Hadiati, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PRAKTIKUM IPA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS IX , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA