Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pengukuran Di Kelas VII SMP YPK Pontianak
Keywords:
Pengembangan, LKS (Lembar Kerja Siswa), Pengukuran, Pendekatan SaintifikAbstract
Penelitian yang dilakukan didasari oleh belum adanya LKS Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Pengukuran di SMP YPK Pontianak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Pengukuran di SMP YPK Pontianak. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon siswa dan hasil belajar setelah menggunakan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Pengukuran di SMP YPK Pontianak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D (FourD Models) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap pendeseminasian (disseminate). Instrument yang digunakan yaitu instrument berupa angket validasi menggunakan skala likert dengan rentang skor 1-4 dan nilai rata-rata siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa LKS Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Pengukuran di SMP YPK Pontianak memiliki hasil validasi untuk ahli materi dengan skor rata-rata 91,67% dan validasi ahli media dengan skor rata-rata 86% dengan kategori sangat layak. Respon siswa memiliki skor 84% dengan kategori sangat baik.
Downloads
References
Utami, S. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android pada Materi Gelombang Cahaya Di Kelas XI SMA Negeri 2 Ketapang. Pontianak: SKRIPSI
Trianto. 2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group
Wahyu dan Nurhayati. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10, No. 1, 2016, hlm 1712-1720
Putri, Rima Melani. 2017. Pembuatan LKS dengan Pendekatan Saintifik Terintegrasi Nilai Karakter pada Materi Kerja dan Momentum untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang
Yustina. 2018. Pengembangan Booklet pada materi perpindahan kalor untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dikelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman. Pontianak: IKIP PGRI PONTIANAK
Riduwan. 2014. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima
Arends, Richard I. 2013. Belajar untuk Mengajar. Jakarta: Salemba Empat
Afriyani, D. Boisandi. 2018. Penerapan model sains teknologi masyarakat menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada materi optika geometri kelas x sma negeri 1 tayan hilir. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya. 1 (1), 27-31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.