Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pengukuran Di Kelas VII SMP YPK Pontianak

Authors

  • Utin Edsyaraharja IKIP PGRI Pontianak
  • Handi Darmawan
  • Eti Sukadi

Keywords:

Pengembangan, LKS (Lembar Kerja Siswa), Pengukuran, Pendekatan Saintifik

Abstract

Penelitian yang dilakukan didasari oleh belum adanya LKS Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Pengukuran di SMP YPK Pontianak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Pengukuran di SMP YPK Pontianak. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon siswa dan hasil belajar setelah menggunakan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Pengukuran di SMP YPK Pontianak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D (FourD Models) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap pendeseminasian (disseminate). Instrument yang digunakan yaitu instrument berupa angket validasi menggunakan skala likert dengan rentang skor 1-4 dan nilai rata-rata siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa LKS Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Pengukuran di SMP YPK Pontianak memiliki hasil validasi untuk ahli materi dengan skor rata-rata 91,67% dan validasi ahli media dengan skor rata-rata 86% dengan kategori sangat layak. Respon siswa memiliki skor 84% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Utami, S. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android pada Materi Gelombang Cahaya Di Kelas XI SMA Negeri 2 Ketapang. Pontianak: SKRIPSI

Trianto. 2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group

Wahyu dan Nurhayati. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10, No. 1, 2016, hlm 1712-1720

Putri, Rima Melani. 2017. Pembuatan LKS dengan Pendekatan Saintifik Terintegrasi Nilai Karakter pada Materi Kerja dan Momentum untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang

Yustina. 2018. Pengembangan Booklet pada materi perpindahan kalor untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dikelas X SMA Negeri 1 Nanga Taman. Pontianak: IKIP PGRI PONTIANAK

Riduwan. 2014. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima

Arends, Richard I. 2013. Belajar untuk Mengajar. Jakarta: Salemba Empat

Afriyani, D. Boisandi. 2018. Penerapan model sains teknologi masyarakat menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari kemandirian belajar siswa pada materi optika geometri kelas x sma negeri 1 tayan hilir. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya. 1 (1), 27-31.

Downloads

Published

2021-06-15

How to Cite

Edsyaraharja, U., Darmawan, H., & Sukadi, E. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pengukuran Di Kelas VII SMP YPK Pontianak. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 4(1), 36–40. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/article/view/2460