ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KOMPUTER DI KALIMANTAN BARAT

Authors

  • Sarah Ashari IKIP PGRI Pontianak
  • Diana Diana IKIP PGRI Pontianak
  • Okta Triana IKIP PGRI Pontianak
  • Ira Nofita Sari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6249

Keywords:

media pembelajaran fisika, komputer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran fisika berbasis komputer yang digunakan pada pembelajaran fisika di sekolah Kalimantan Barat. Metode dalam penelitian ini adalah metode narrative review. Dalam penelitian ini narrative review yang dimaksud dengan menggelompokkan teori dan hasil penelitian dijabarkan dalam bentuk narasi. Informasi dalam narrative review ini adalah berupa tinjauan narasi yang diperolah berdasarkan hasil peninjauan beberapa skripsi pada Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak dengan rentang waktu tahun 2014 sampai 2020. Skripsi-skripsi yang dianggap memenuhi kriteria akan dijadikan sebagai sumber untuk ulasan lebih lanjut dan juga semua jenis penelitian yang relevan (uji klinis) simuat dan didiskusikan dalam artikel ini. Hasil penelitian narrative review adalah penggunaan media pembelajaran fisika berbasis komputer di Kalimantan Barat sangat layak diterapkan pada pembelajaran fisika di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital pada Materi Gerak. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan , 97-104.

Fakhri, M. I., Bektiarso, S., & Supeno, S. (2018). Penggunaan Animasi Berbantuan Macromedia Flash pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan ,Momentum, Impuls, dan Tumbukan di Kelas X SMAN. Jurnal Pembelajaran Fisika, 271-277.

Hadma, Y. (2017). Pembelajaran Fisika menggunakan Media Animasi Macromedia Flash-MX dan Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 13-21.

Hidayat, R., Hakim, L., & Linda, L. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 97-104.

Lailiyah, N., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Untuk Pembelajaran Keterampilan Menuliskan Kembali Cerita Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1150-1159.

Nurfina, D. (2014). Remidiasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Tekanan Zat Cair menggunakan Metode Demonstrasi dengan Bantuan Media Simulasi Phet di Kelas VIII SMP Negeri 1 Nanga Taman. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning menggunakan Media Simulasi PhET terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 95-103.

Ponco, M. (2014). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Direct Instruction dengan Media Animasi Flash dalam Materi Pengukuran pada Siswa Kelas VII MTs Mathla’ul Anwar. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Raidaturrahmah, R., Sukroyanti, B. A., & Gummah, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Materi Usaha dan Energi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 133-136.

Rima, R. (2014). Remidiasi Hasil Belajar Fisika dengan Media Animasi pada Materi Pemantulan Cahaya untuk Siswa Kelas VIII SMPN 2 Jawai Kabupaten Sambas. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Sariana, S. (2015). Remediasi Miskonsepsi Siswa dalam Materi Mesin Pendingin menggunakan Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Berbantuan Media Animasi Macromedia Flash di Kelas XI SMA Rahadi Oesman Pontianak. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Soimah, I. (2018). Pengaruh media Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 38-44.

Susilawati, S., & Putu, I. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar MIPA.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Ashari, S., Diana, D., Triana, O., & Sari, I. N. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KOMPUTER DI KALIMANTAN BARAT. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 6(1), 44–49. https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6249