Kelayakan flipbook submateri kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi di SMA
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v11i1.2407Keywords:
Flipbook, R&D, Media PembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui kelayakan media flipbook pada submateri kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research & Development). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Penilaian kelayakan media flipbook Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. dinilai melalui uji validitas oleh 2 orang validator. Uji validitas meliputi format, isi, dan bahasa. Hasil analisis validasi media flipbook didapat nilai Vi 0,972 maka media dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi.
Downloads
References
Andri, Yohanes., Syamswisna & Laili Fitri Yeni. (2011). Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Flipbook terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sistem Gerak Manusia di SMP. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.
Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gregory, R.J. 2011. Tes Psikologi: Sejarah, Prinsip dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.
Hidayatullah, M.S. & Rakhmawati L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1): 53-88.
Irianto, Koes. (2014). Biologi Reproduksi. Bandung: Alfabeta.
Nazeri. (2013). Penggunaan E-flipbook dalam Topik Elektrik dan Elektronik: Inovasi dalam Pengajaran Reka Bentuk dan Teknologi PISMP RBT. Prosiding Seminar Penyelidikan IPG Zon Timur, 1(1).
Nursamsu, N.,& Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 1 (2), 165-170.
Rahmawati, Desi., Sri, Wahyuni., &Yuhardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6 (4): 326-332.
Riyana, Cepi. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: CV Wacana Prima.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D. (2012). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, R., dan Cepi R. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Taufiqoh, P.L, Rahajo, Indana, S. 2012. Profil Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Biologi Education. Vol.1(2).
Wahyuliani, Yuli., Udin, Supriadi., & Saepul, Anwar. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Terhadap Penimgkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Bandung. Tarbawy. 3 (1): 22-36.
Yusran, Ali dan Kevin. (2009). Uji Daya Hambat Anti Jamur Ekstrak Minyak Atsiri Cinnamomun Burmanii Terhadap Pertumbuhan Candida Albicans. Dentofasial. 8 (2): 104-110.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.