Kelayakan flipbook submateri kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi di SMA

Authors

  • Mirawati Mirawati Universitas Tanjungpura
  • Ruqiah Ganda Putri Panjaitan Universitas Tanjungpura
  • Eko Sri Wahyuni Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v11i1.2407

Keywords:

Flipbook, R&D, Media Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui kelayakan media flipbook pada submateri kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi  kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research & Development). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Penilaian kelayakan media flipbook Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. dinilai melalui uji validitas oleh 2 orang validator. Uji validitas meliputi format, isi, dan bahasa. Hasil analisis validasi media flipbook didapat nilai Vi 0,972 maka media dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, Yohanes., Syamswisna & Laili Fitri Yeni. (2011). Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Flipbook terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sistem Gerak Manusia di SMP. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gregory, R.J. 2011. Tes Psikologi: Sejarah, Prinsip dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Hidayatullah, M.S. & Rakhmawati L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1): 53-88.

Irianto, Koes. (2014). Biologi Reproduksi. Bandung: Alfabeta.

Nazeri. (2013). Penggunaan E-flipbook dalam Topik Elektrik dan Elektronik: Inovasi dalam Pengajaran Reka Bentuk dan Teknologi PISMP RBT. Prosiding Seminar Penyelidikan IPG Zon Timur, 1(1).

Nursamsu, N.,& Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 1 (2), 165-170.

Rahmawati, Desi., Sri, Wahyuni., &Yuhardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6 (4): 326-332.

Riyana, Cepi. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: CV Wacana Prima.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D. (2012). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R., dan Cepi R. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Taufiqoh, P.L, Rahajo, Indana, S. 2012. Profil Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Biologi Education. Vol.1(2).

Wahyuliani, Yuli., Udin, Supriadi., & Saepul, Anwar. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Terhadap Penimgkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Bandung. Tarbawy. 3 (1): 22-36.

Yusran, Ali dan Kevin. (2009). Uji Daya Hambat Anti Jamur Ekstrak Minyak Atsiri Cinnamomun Burmanii Terhadap Pertumbuhan Candida Albicans. Dentofasial. 8 (2): 104-110.

Downloads

Published

2022-09-16

How to Cite

Mirawati, M., Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2022). Kelayakan flipbook submateri kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi di SMA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 11(1), 36–40. https://doi.org/10.31571/saintek.v11i1.2407