Kelayakan flipbook submateri kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi di SMA

Mirawati Mirawati, Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Eko Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui kelayakan media flipbook pada submateri kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi  kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research & Development). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Penilaian kelayakan media flipbook Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. dinilai melalui uji validitas oleh 2 orang validator. Uji validitas meliputi format, isi, dan bahasa. Hasil analisis validasi media flipbook didapat nilai Vi 0,972 maka media dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri kelainan atau penyakit pada sistem reproduksi.


Keywords


Flipbook; R&D; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Andri, Yohanes., Syamswisna & Laili Fitri Yeni. (2011). Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Flipbook terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sistem Gerak Manusia di SMP. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gregory, R.J. 2011. Tes Psikologi: Sejarah, Prinsip dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Hidayatullah, M.S. & Rakhmawati L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1): 53-88.

Irianto, Koes. (2014). Biologi Reproduksi. Bandung: Alfabeta.

Nazeri. (2013). Penggunaan E-flipbook dalam Topik Elektrik dan Elektronik: Inovasi dalam Pengajaran Reka Bentuk dan Teknologi PISMP RBT. Prosiding Seminar Penyelidikan IPG Zon Timur, 1(1).

Nursamsu, N.,& Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 1 (2), 165-170.

Rahmawati, Desi., Sri, Wahyuni., &Yuhardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6 (4): 326-332.

Riyana, Cepi. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: CV Wacana Prima.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D. (2012). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R., dan Cepi R. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Taufiqoh, P.L, Rahajo, Indana, S. 2012. Profil Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Biologi Education. Vol.1(2).

Wahyuliani, Yuli., Udin, Supriadi., & Saepul, Anwar. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Terhadap Penimgkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Bandung. Tarbawy. 3 (1): 22-36.

Yusran, Ali dan Kevin. (2009). Uji Daya Hambat Anti Jamur Ekstrak Minyak Atsiri Cinnamomun Burmanii Terhadap Pertumbuhan Candida Albicans. Dentofasial. 8 (2): 104-110.




DOI: https://doi.org/10.31571/saintek.v11i1.2407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mirawati Mirawati, Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Eko Sri Wahyuni

Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: saintek.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2802 | e-ISSN: 2407-1536


View Stats


Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains is licensed under a
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.